Breaking News:

Mentan Berkunjung ke Sidrap

Kunjungan Kerja ke Sidrap, Mentan RI Beberkan Alasan Genjot Tanaman Porang

Kunjungan itu dalam rangka menyaksikan proses panen tanaman porang di desa tersebut.

Ist
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) dijadwalkan berkunjung ke Dusun Tellang, Desa Talumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (28/7/2020) sore. 

TRIBUNSIDRAP.COM, WATANG SIDENRENG - Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkunjung ke Dusun Tellang, Desa Talumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (28/7/2020).

Kunjungan itu dalam rangka menyaksikan proses panen tanaman porang di desa tersebut.

SYL mengatakan, Mentan RI tengah fokus mengembangkan tanaman porang karena memiliki pasar ekspor yang sangat menjanjikan.

Tentunya, hal itu berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Pasar ekspor porang itu ada di Jepang, Taiwan, Korea, China serta beberapa negara Eropa," katanya

Oleh karena itu, ucap SYL, pihaknya mencoba kembangkan pertanian tersebut di seluruh Indonesia. Khususnya di Sidrap yang kini menjadi pioner.

"Potensi pengembangan porang jelas besar karena kita memiliki lahan marginal yang luas. Budidaya porang ini khusus kita ekspor," jelasnya.

SYL menegaskan dalam pengembangan budidaya porang ini, pihaknya tidak hanya fokus pada proses produksi, namun juga turut membangun industri pengolahan.

Kementan mencanang model pengembangan pertanian yang maju yakni dalam setiap 1.000 hektar lahan, harus dibangun pabrik.

"Dengan demikian, pertanian ke depan kita pastikan maju dan mampu menghidupi pangan 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Harga porang sangat bagus dan pangsa pasar ekspor terbuka lebar, jadi ayo kita tanam porang," tuturnya.

Perlu diketahui, tercatat ekspor porang periode Januari hingga 28 Juli 2020 sebesar 14.568 ton dengan nilai Rp 801,24 miliar.

Dalam rangka pengembangan tanaman porang, pemerintah mengalokasikan pada tahun 2020 seluas 17.886 ha, yaitu di Provinsi Jawa Barat, jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, NTT dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan dialokasikan kegiatan pilot project porang seluas 10 ha dan pengembangan seluas 564 ha.

Hadir dalam kegiatan Wakil Gubenur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Wakapolda Sulawesi Selatan Brigjen Pol Halim Pagarra, Wakil Bupati Sidrap, Muhamad Yusuf, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif dan jajaran Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan).(TribunSidrap.com)

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, @herysyahrullah

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved