Breaking News:

Tribun Gowa

APBD 2019, Silpa Pemkab Gowa Capai Rp92 Miliar

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis mengatakan, SILPA tersebut karena ada kenaikan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gowa.

Ist
Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Muchlis menghadiri Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 bersama Badan Anggaran DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (28/7/2020) 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA -- Pemerintah Kabupaten Gowa, menyampaikan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA) pada tahun 2019 mencapai Rp 92 miliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis mengatakan, SILPA tersebut karena ada kenaikan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gowa.

Menurutnya, PAD tahun 2019 melampaui target yang ditetapkan.

"PAD kita diakhir tahun 2019 itu terealisasi lebih dari 100 persen yaitu, 105 persen dari target kita sekitar Rp. 226 miliar itu terealisasi itu sekitar Rp.238 miliar," kata Muchlis, Selasa (28/7/2020).

Ia melanjutkan, pendataan lain-lain yang sah juga mencatat angka di atas 100 persen. Persentasenya mencapai 104 persen.

Muchlis menyampaikan, hal tersebut dalam Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 bersama Badan Anggaran DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (28/7/2020).

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Gowa itu, juga mengungkapkan, jika SILPA sekitar Rp 92 miliar ini juga karena adanya beberapa program di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum sempat dibayar.

Program kerja tersebut pun menyebrang ke tahun berikutnya.

Ia mencontohkan, proyek yang ada di Dinas Pendidikan, harusnya dibayar pada akhir tahun 2019.

"Tapi karena tidak sempat dicairkan maka uangnya nyebrang, maka itu menjadi SILPA," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved