Breaking News:

Saham Consumer Good dan Telekomunikasi Paling Moncer di Semester I 2020

Saham yang paling moncer adalah sektor yang bergerak naik sepanjang pandemi adalah sektor consumer good (barang konsumsi).

Istimewa
Branch Manager Makassar PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, Carlo E F Coutrier 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Trimegah Securitas Indonesia mencatatkan selama semester I 2020 ini saham yang paling moncer adalah sektor yang bergerak naik sepanjang pandemi adalah sektor consumer good (barang konsumsi). 

Namun tidak semuanya, secara spesifik adalah perusahaan yang tergolong Consumer Staples. 

Consumer Staples adalah produsen barang konsumsi yang esensial. Seperti makanan dan minuman, barang kebutuhan rumah tangga, dan produk hygiene. 

"Dimana demand atas atas produk tersebut terus ada dan tidak cyclical, dimasa pandemi demand cenderung meningkat," kata Branch Manager Trimegah Securitas Indonesia Cabang Makassar, Carlo E F Coutrier, Senin (27/7/2020). 

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, sektor barang konsumsi turun 10,97% sejak awal tahun. Sementara, sektor lainnya mayoritas terkoreksi di atas 18%.

Kinerja sektor barang konsumen juga lebih baik dibandingkan IHSG yang sudah terkoreksi hingga 21,55% sepanjang tahun 2020 ini. 

Termasuk ke dalam sektor barang konsumen di antaranya saham-saham emiten makanan dan minuman. Adapun saham makanan dan minuman yang paling dilirik investor sejauh ini adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) serta anak usahanya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Selama sebulan terakhir, harga saham INDF terus mengalami penguatan hingga 1,15%. Sementara, ICBP baru menunjukkan penguatan harga saham selama seminggu terakhir, hingga 3,78%. 

Dilihat dari kapitalisasi pasarnya, kedua saham itu terhitung jumbo hingga Rp 104,08 triliun untuk ICBP dan Rp 57,73 triliun untuk INDF.

Halaman
12
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved