Breaking News:

Public Service

Bertahun-tahun Tak Kunjung Diperbaiki, Ruas Jalan di Kassa Pinrang Dikeluhkan Warga

Sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kecematan Batulappa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan mengalami kerusakan parah.

TRIBUN-TIMUR.COM/HERY
Sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kecematan Batulappa, Kabupaten Pinrang mengalami kerusakan parah. 

TRIBUNPINRANG.COM, BATU LAPPA - Sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kecematan Batulappa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan mengalami kerusakan parah.

Pantauan TribunPinrang.com, Senin (26/7/2020), salah satu ruas jalan yang terparah kerusakannya adalah di Dusun Bamba, Kelurahan Kassa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang.

Warga Erwin menuturkan pemerintah seolah tak memperhatikan kondisi jalan tersebut. Pasalnya, sudah bertahun-tahun tak kunjung mendapat perbaikan.

"Baik pemerintah Kabupaten Pinrang, Pemerintah Kecematan Batulappa dan Kelurahan Kassa tidak ada perhatian sama sekali dalam membangun dan memperbaikinya," katanya.

Padahal, ucap Erwin, amanah perbaikan infrastruktur jalan termaktub dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 4 tentang urusan pembangunan.

Hal itu meliputi pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan sarana prasarana fasilitas umum. Seperti jalan, jernbatan, irigasi, pasar sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan kepada lurah.

"Kewenangan yang di maksud dalam peraturan itu minimal pemerintah kelurahan memberikan usulan ke Pemerintah Kecamatan dan mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten untuk mengalokasikan angggaran perbaikan," jelasnya.

Erwin menegaskan, kondisi tersebut tak boleh terus menerus dibiarkan dalam keadaan rusak. Apalagi, hal itu sering menjadi pemicu kecelakan.

Itulah sebabnya, masyarakat setempat sangat berharap pemerintah turut memprioritaskan perbaikan jalanan tersebut di tahun ini.

"Jika kedepannnya tidak ada perhatian, kami berniat melakukan aksi jalanan bersama pemuda dan mahasiswa di Kantor Kecamatan, guna mengawal permasahan ini," tuturnya.(*)

Laporan Wartawan TribunPinrang.com, @herysyahrullah

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved