Breaking News:

Listrik PLN

400 Rumah di Puppuring Polman Kini Nikmati Listrik 24 Jam

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Desa Puppuring butuh perjuangan.

PLN
Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, PLN berhasil melistriki Desa Puppuring. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PLN terus berkomitmen untuk melistriki seluruh tanah air hingga ke pelosok negeri.

Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, PLN berhasil melistriki Desa Puppuring.

Desa Puppuring terletak di Kecamatan Allu, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat menjadi desa yang kini menerima aliran listrik PLN selama 24 jam.

Untuk melistriki 400 kepala keluarga yang berada di Desa Puppuring, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 9,24 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,96 kms, serta 4 gardu distribusi dengan total kapasitas 175 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Desa Puppuring butuh perjuangan.

Untuk menjangkau Dusun terpencil tersebut, petugas PLN harus melewati jalanan terjal dan berbatu yang membutuhkan waktu 2-3 jam dikarenakan akses jalan yang rusak dan sulit untuk dtempuh.

Manager PLN UP2K Sulawesi Barat, Dadang Wahyudi mengatakan, dengan adanya listrik masyarakat bisa menjaga keandalan jaringan untuk sukarela memangkas pohon di dekat jaringan.

"Jaringan ini harus dijaga, masyarakat sukarela mengikhlaskan pohon yang dekat dengan jaringan. PLN siap bantu untuk proses penebangan maupun pemangkasan. Masuknya listrik ke Desa Puppuring dapat digunakan secara bijak, anak-anak digunakan belajar, meningkatnya kesejahteraan dan wawasan masyarakat," ujar Dadang melalui rilisnya, Senin (27/7/2020).

Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar yang diwakili Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Andi Masri Masdar menyambut bahagia dan berharap ke depannya taraf kesejahteraan Desa Puppuring bisa meningkat.

"Dengan masuknya listrik desa, masyarakat lebih siap menerima peradaban baru, taraf kesejahteraan bisa diukur dengan masuknya lisdes," ujarnya.

"Terima kasih kepada PLN, harapannya terus bekerjasama, dilanjut untuk pembinaan penggunaan listrik yg bijak, sosialisasi terkait pemanfaatan listrik. Adanya listrik desa memunculkan wirausaha baru dengan menggunakan listrik," pungkasnya. (*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved