Breaking News:

Liga 1

Klub Liga 1 Dapat Subsidi Rp 800 Juta per Bulan, Syamsuddin Umar: Itu Tak Cukup

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berkomitmen untuk memberikan subsidi Rp 800 juta per bulan bagi masing-masing klub Liga 1 2020.

TRIBUN-TIMUR.COM/SANOVRA
Mantan Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Umar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Liga Indonesia Baru (LIB) berkomitmen untuk memberikan subsidi Rp 800 juta per bulan bagi masing-masing klub Liga 1 2020 selama kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diutarakan oleh Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

"Sesuai dengan rapat yang dilakukan bahkan sebelum surat keputusan kelanjutan liga dikeluarkan oleh PSSI," ujar Sudjarno.

Dalam rapat antara PSSI, PT LIB dan klub-klub Liga 1 pada Juni 2020, dicetuskan wacana penambahan subsidi per bulan untuk tim-tim Liga 1 2020, dari Rp 520 juta menjadi Rp 800 juta.

Media Officer PSM Sulaiman Abd Karim mengatakan, terkait operasional klub selama Liga 1 berjalan, memang sudah ada komitmen PT LIB. 

Ada beberapa item yang cost besar akan menjadi tanggungan PT LIB, seperti hotel dan akomodasi. 

"Makanya musim ini nilai subsidi naik. Untuk setiap bulan naik menjadi Rp 800 juta, diberikan dalam enam bulan. Sebulan persiapan, dan lima bulan kompetisi," papar Sule, sapaannya.

Lanjut Sule, manajemen PSM sendiri telah menghitung untung rugi jika melanjutkan kompetisi, termasuk persoalan sponsor.

"Pasti manajemen sudah menghitung untung rugi, sehingga komitmen melanjutkan Liga 1. Yang pasti sponsorship kita tetap jalan, namun hampir pasti angka dirasionalisasi," jelasnya.

Meski demikian, lanjut Sule, sebagai bentuk kecintaan terhadap klub maupun sepak bola, PSM tetap berkomitmen mengikuti segala keputusan.

"Mengurus bola memang bukan untung didapat, tapi yah meski buang duit tapi ini bentuk kecintaan kita," ujarnya.

Sementara itu, mantan pelatih PSM Syamsuddin Umar berharap PSSI maupun PT LIB memahami kebutuhan klub yang akan mengikuti kompetisi.

"Tidak cukup itu (subsidi), federasi harus paham. Jumlah segitu menurut saya masih jauh dari cukup untuk operasional klub," katanya. (*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved