Breaking News:

Kuliner

Roti Viral Kekinian Bernama Korean Garlic Cheese Bread, Begini Cara Membuatnya

Korean Garlic Cheese Bread, kuliner khas dari Korea, menjadi viral di Idonesia. Di negara asalnya, kudapan ini dijual di pinggir jalan.

cookpad.com
Korean Garlic Cheese Bread 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dunia kuliner kembali bergemuruh. Setelah munculnya kopi dalgona yang fenomenal, kini publik Indonesia disajikan dengan hadirnya Korean Garlic Cheese Bread atau Cream Cheese Garlic Bread.

Korean Garlic Cheese Bread berbeda dengan Garlic Bread ala Eropa.

Kudapan yang satu ini memiliki tekstur yang empuk dan creamy. Sedangkan Garlic Bread Eropa punya tekstur yang renyah dan gurih.

Sejumlah sumber menyebut Korean Cheese Garlic berawal dari Kota Gangneung yang berada di Provinsi Gangwon. Makanan ini awalnya merupakan kuliner kaki lima Korea atau street food.

Dari Kota Gangneung, roti krim keju bawang putih itu dibawa ke pusat kuliner Gangnam, sebuah distrik hype dan terkenal di Seoul. Dari situ cheese garlic bread semakin diminati orang Korea dan masuk dalam daftar menu baru di banyak café.

Di negara asalnya, Kore Selatan, kudapan ini dibanderol dengan 3.900 Won atau sekitar Rp 47.000 untuk satu roti dengan ukuran diamter 10 sentimeter.

Tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Di sini sebuah Korean Garlic Cheese Bread umumnya dijual dengan harga berkisar Rp 22 ribu – Rp 55 ribu.

Cream Cheese Garlic Bread merupakan olahan roti, seperti roti burger, tapi dipotong enam sisi yang saling menyilang menyerupai siung bawang putih yang diberi keju dan dilumuri bumbu dan dipanggang.

Krim keju yang meleleh dengan sensasi rasa bawang putih yang gurih memberikan sensasi yang berbeda dengan jenis roti lainnya.

Sebenarnya roti ini terbuat dari roti bun atau roti bulat biasa. Yang bikin ketagihan adalah isian krim keju dan lelehan saus bawang putihnya.

Krim keju ini diselipkan di sela-sela roti yang diiris enam bagian hingga bagian tengahnya.

Kemudian setelah diisi krim keju, roti ini dicelupkan ke baskom besar yang berisi saus bawang putih dengan taburan parsley. Membuat roti ini terbalut sempurna dengan saus gurih yang melimpah. Setelah itu roti tersebut dipanggang kembali.

Jadilah roti ini menghasilkan tekstur yang garing dan gurih di luar, namun empuk, lembut, dengan sedikit manis di dalam. Aneka rasa dalam satu gigitan. Selain itu roti ini juga mengenyangkan sehingga pas untuk mengganjal perut.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat kudapan ini, bisa mencobanya sendiri di rumah

Halaman
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved