Transaksi QRIS

Merchant Pengguna QRIS di Sulsel Tumbuh 173% Semester I 2020

Hingga Juni 2020, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulawesi Selatan mencapai 92.009.

BI
Bank Indonesia Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan sosialisasi Quick Response indonesia Standard (QRIS) dan Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR) di Kabupaten Kepulauan Selayar, beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Hingga Juni 2020, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulawesi Selatan mencapai 92.009 atau tumbuh sebesar 173% (ytd) sejak Desember 2019.

Bank Indonesia mencatatkan, tingkat pertumbuhan di atas jumlah di Sulsel tersebut berada diatas pertumbuhan nasional (127,1%; ytd).

Juga menempati posisi ke-8 sebagai salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan tertinggi diantara wilayah kerja Bank Indonesia.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan mengupayakan QRIS untuk diimplementasikan pada transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Kota Makassar yaitu, angkutan kota yang kerap disebut "pete-pete".

Pembayaran menggunakan QRIS di angkutan kota (angkot) Makassar merupakan yang pertama di Indonesia. Strategi pembayaran digital ini diharapkan juga mendukung kebijakan Pemerintah di era new normal sebagai new lifestyle masyarakat yang mengacu pada protokol safety, cleanliness dan healthy (SHC).

Melalui implementasi QRIS, transaksi non tunai menjadi cepat, mudah, murah, aman dan handal atau yang dikenal dengan tagline “cemumuah”.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved