Breaking News:

Wabup Barru Positif Covid

Dua Pekan Sebelum Positif Covid-19, Wakil Bupati Barru di Rapid Test, Bagini Hasilnya

Reaktif rapid test bisa kita dapatkan, lanjut dr Amis, setelah imunoglobulin G terbentuk, pada hari ketuju terpapar virus Covid-19, secara teoritis.

TRIBUN TIMUR/DARULLAH
Konfrensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barru, di Posko penanganan Covid-19, Selasa (21/7/2020). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Dua pekan sebelum Wakil Bupati Barru, H Nasruddin AM dinyatakan positif Covid-19, ia sudah di rapid test di Barru, dan hasilnya non reaktif.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Barru kepada awak media di medi center Covid-19, Selasa (21/7/2020).

"Ia dinyatakan reaktif, mungkin karna pada waktu itu masih belum terpapar Cobid-19, ataupun masih baru saja terjangkit Covid-19," kata dr Amis.

"Karna sesuai teori, kalau memang masih baru terjangkit virus Covid-19, tidak langsung reaktif di hasil rapid test," jelasnya.

Reaktif rapid test bisa kita dapatkan, lanjut dr Amis, setelah imunoglobulin G terbentuk, pada hari ketuju terpapar virus Covid-19, secara teoritis.

Sementara Imunoglobulin M terbentuk pada masa penyembuhan di hari ke 14.

"Kalau kita lakukan rapid test di hari kelima, maka tidak akan didapatkan hasil rektif, karna sistem imun tubuh belum terbentuk. Secara teoritis itu terbentuk pada hari ketujuh," tuturnya.

Sementara kumulatif pasien positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga saat ini mencapai 19 kasus.

Dari akumulasi kasus tersebut, 13 orang telah dinyatakan sembuh, dan 2 meninggal dunia.

Sisanya 4 pasien lainnya masih menjalani perawatan medis di Makassar. Di dalamnya termasuk Wakil Bupati Barru, H Nasruddin AM yang baru-baru difonfirmasi positif Covid-19.

Kumulatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga saat ini yaitu 14 orang. 13 sudah sembuh dan dipulangkan, dan 1 meninggal dunia.

Kumulatif Orang Dalam Pemantauan (ODP) yaitu 98. Satu masih dalam proses pemantauan, dan 97 lainnya sudah dinyatakan selesai.

Kumulatif Orang Tampa Tejala (OTG) yaitu 283. dari total tersebut 46 masih dalam proses, dan 237 sudah dinyatakan selesai.

Sementara akumulasi Pelaku Perjalanan (PP) yaitu 1.893. dari total tersebut, 146 masih dalam proses, dan 1.747 sudah dalam tahap selesai.

Penulis: Darullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved