Breaking News:

CITIZEN REPORT

UMI Latih Desain Produk Kerajinan Bambu ke Warga Pulau Lakkang

Pulau Lakkang masuk wilayah Kecamatan Tallo Kota Makassar yang memiliki lahan tanaman bambu kurang lebih 1,5 ha.

Dokumen UMI
Ketua Tim PKM UMI Dr Naidah Naing ST MSi memberi pelatihan desan ke perajin bambu di Pulau Lakkang, Makassar, baru-baru ini. 

laporan: Dr Naidah Naing ST MSi
Dosen Teknik Arsitektur Fakultas Teknik UMI
Melaporkan dari Pulau Lakkang, Makassar

Sejumlah dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) memberikan pelatihan tentang cara mendesain produk bambu untuk rumah tangga bagi warga Pulau Lakkang baru-baru ini.

Pulau Lakkang masuk wilayah administrasi Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan komunitas pengrajin bambu Kota Makassar, mahasiswa, pemerintah, dan kelompok pengrajin bambu setempat.

Saya bertugas memberi materi tentang perkembangan disain terbaru, mulai dari cara mencari ide desain, cara dan teknik menggambar produk hingga penggunaan standar ukuran produk bambu yang diinginkan pasar.

Sedangkan Dr Abdul Karim Hadi MSc memberi pelatihan tentang teknik pemilihan dan cara pengawetan bambu agar memiliki daya tahan terhadap rayap, mudah dalam pengerjaan dan waktu pengawetan yang singkat.

Awas, Pakar Kesehatan Unhas Ingatkan Potensi Ledakan Corona di Luwu Raya. Ini 6 Pemicunya

Legislator PDIP Kiki Handoko Keroyok Polisi di THM, Ada Wanita. Ini 5 Fakta-faktanya

Sementara Adhiz Surya Buana yang juga Ketua Kerajinan Bambu Kota Makassar memberi materi pelatihan tentang teknik finishing kerajinan bambu. Pelatihan ini dibantu beberapa mahasiswa yang turut mengarahkan workshop mensketsa desain pada akhir proses pelatihan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu masyarakat pengrajin bambu dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Terutama dalam menemukan ide-ide desain dan yang bernilai estetika tinggi dan bernilai jual tinggi.

Masyarakat pengrajin sangat merespon baik kegiatan ini. Apalagi ini pengalaman baru mereka diajarkan cara membuat sketsa desain produk menggunakan peralatan gambar secara langsung.

Selama ini mereka membuat produk berdasarkan imaginasi mereka masing-masing tanpa ada pedoman gambar yang dilengkapi ukuran yang baik, warna, dan elemen-elemen estetika seperti proporsi desain, kesatuan desain, skala desain, dll.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved