Breaking News:

Tribun Selayar

Warga Desa Pulo Madu Selayar Desak Pemdes Salurkan BLT Dana Desa

Warga Desa Pulo Madu Selayar mendesak kepala desanya untuk segera membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Dok. Harling
Warga Desa Pulo Madu, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), saat mendatangi kantor desa beberapa waktu lalu. 

TRIBUNSELAYAR.COM, PASILAMBENA - Warga Desa Pulo Madu, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendesak kepala desanya untuk segera membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Penyaluran BLT-DD di daerah kepulauan itu baru tahap pertama yang sudah disalurkan.

Padahal, penerima yang terdampak Corona Virus Disease 2019 alias Covid-19, sudah membutuhkan bantuan tersebut.

Pemuda Desa Pulo Madu, Harling (30 tahun), Jumat (17/7/2020), mengatakan bahwa warga sudah mendatangi kantor kepala desa.

Tapi jawabannya, penyaluran BLT-DD tahap dua dan tiga masih sementara dalam proses.

"Saya melihat pemerintah tidak serius mengurus BLT-DD. Seharusnya penyalurannya sejak bulan April sampai Juli sudah selesai tapi nyatanya tidak sama sekali," kata Harling.

Dari 137 data penerima BLT-DD yang sudah ditetapkan bersama kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan tokoh masyarakat.

Namun yang menerima hanya sebanyak 73 kartu keluarga (KK).

Atau selisih 64 KK dari data penerima yang disepakati bersama mendapat BLT-DD.

64 KK tersebut tidak diakomodir, karena sudah mendapat bantuan sembako berupa dua karung beras dan dua kardus mie instan dari Dinas Sosial (Dinsos) Selayar.

Sebagian warga, lanjut Harling, melakukan protes kepada pemerintah desa karena nominal sembako dengan BLT-DD, tidak sama.

"Kalau sembako diuangkan Rp 200.000 sementara kalau BLT-DD selama tiga bulan jika diuangkan Rp 1.800.000," kata Harling.

Saat berita ini dikirim, Tribun masih melakukan upaya konfirmasi ke Kades Polo Madu, Geno, terkait desakan warga tersebut. (TribunSelayar.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved