Breaking News:

Imigrasi Mamuju

Imigrasi Mamuju Sosialisasi Eazy Passport & Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju menggelar sosialisasi program Layanan EAZY Passport dan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online

Penulis: Nurhadi | Editor: Suryana Anas
Imigrasi Mamuju
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju menggelar sosialisasi program Layanan EAZY Passport dan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) di Kabupaten Mamuju Tengah. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju menggelar sosialisasi program Layanan EAZY Passport dan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) di Kabupaten Mamuju Tengah.

Pada masa pandemi covid-19 ini Direktorat Jenderal Imigrasi melalui surat edarannya mengintruksikan kepada seluruh kantor Imigrasi yang ada di Indonesia untuk melaksanakan program terbarunya tersebut.

Humas Imigrasi Mamuju Machdi mengatakan program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan menghindarkan masyarakat dari kerumunan orang pada suatu titik lokasi salah satunya di kantor Imigrasi.

"Program Layanan Eazy Passport adalah pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor Imigrasi dan dilaksanakan di lokasi pemohon dan layanannya menggunakan perangkat mobile unit dan dilaksanakan dengan beberapa ketentuan, sedangkan untuk Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online merupakan aplikasi yang dibuat yang bertujuan untuk meminimalisir antrian yang sering terjadi pada kantor-kantor Imigrasi di Indonesia,"katanya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum KabupatenMamuju Tengah, Colleng Sulaiman, mewakili Bupati Mamuju tengah turut hadir memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi upaya Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju dalam menciptakan pelayanan publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat kabupaten Mamuju Tengah dalam hal pembuatan paspor.

Kata dia, Pemkab Mamuju Tengah juga sangat menyambut baik kabar gembira tersebut dan pemerintah kabupaten bersedia memfasilitasi Imigrasi Mamuju untuk menggelar kegiatan EAZY Passport di wilayahnya.

"Saya sangat berterimakasih kepada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju dan kami membuka pintu yang selebar-lebarnya bagi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju untuk melaksanakan kegiatannya kelak di wilayah kami”, ujarnya.

Selain Asisten III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Mamuju Tengah, acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 30 orang peserta sosialisasi yang berasal dari berbagai kalangan.

Diantaranya institusi pemerintah (TNI/POLRI), institusi pendidikan, dinas kesehatan, pegawai swasta, pegawai negeri sipil, pengurus travel perjalanan haji & umroh, serta perwakilan dari beberapa komunitas yang berada di Kabupaten Mamuju Tengah.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat Wishnu Daru Fajar, hadir memberikan materi sekaligus dan memaparkan secara rinci tentang program layanan EAZY Paspor dan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online.

Dia menjelaskan mengenai Surat Edaran Plh. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020 Tentang Layanan Eazy Passport, surat edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor: IMI-GR.01.01-3155 Tahun 2020 Tentang Implementasi Pendaftatan Antrian Permohonan Paspor secara Onlline, dan beliau menjelaskan juga mengenai Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 tanggal 09 Juni 2020 tentang Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Keimigrasian Dalam Masa Tatanan Normal Baru.

“Program ini akan kami jalankan semaksimal mungkin dan lagi-lagi saya ingatkan kita tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sesuai anjuran pemerintah,"ujar Wishnu Daru Fajar.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dibahas juga mengenai hal teknis pada saat pelaksanaan dilapangan nanti, terdapat juga beberapa pertanyaan mengenai tempat pelaksanaan, waktu, dan biaya ang harus dikeluarkan.

“Tidak ada biaya tambahan apapun semua ini kami lakukan secara cuma-Cuma dan bapak ibu hanya perlu membayar biaya PNBP paspor saja sudah dan silahkan bapak ibu segera hubungi Kantor Imigrasi Mamuju jika berminat dengan layanan ini” jelas Wisnu di akhir acara.(tribun-timur.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved