Breaking News:

Obat Alami

6 Obat Sakit Gigi Alami Ampuh Serta Pengobatan Instan Sebelum ke Dokter Gigi

Sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja. Jika Anda tidak merawat gigi dengan baik, Anda akan merasakan sakit gigi yang akan mengganggu konsentrasi

Editor: Muh. Irham
Handover
Ilustrasi sakit gigi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sakit gigi sering dialami oleh banyak orang. Akibatnya, seseorang yang menderita sakit gigi, akan sulit konsentrasi, sulit makan, dan sulit minum.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam. Bisa karena gigi berlubang, radang akar gigi atau gusi, gigi retak atau patah, tumbuh gigi, dan sebagainya.

Kerusakan gigi yang menyebabkan sakit pada gusi, terjadi karena bakteri yang hidup di mulut, bertumbuh dengan baik dari gula atau sari dalam makanan yang dikonsumsi.

Bakteri ini kemudian membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi (enamel) dan menciptakan rongga.

Sakit gigi dapat terjadi pada daerah rahang yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi dengan disertai rasa nyeri dan lunak jika diraba. Selain nyeri, gejala lain yang akan terasa yaitu, pusing, demam, bau busuk dari gigi yang terinfeksi, serta bengkak di sekitar gigi yang terkena infeksi.

Sebelum mengobati gigi yang sakit, Anda perlu mengidentifikasi penyebab sakit gigi tersebut.

1. Sakit Gigi Berupa Nyeri Tajam, Menusuk, dan Berlangsung Sebentar

Penyebabnya adalah gigi berlubang, gigi retak atau patah, tambalan gigi yang terlepas. Biasanya muncul jika ada rangsangan panas, dingin, atau manis.

Pada kasus gigi retak, sakit dirasakan jika ada sisa makanan keras tersangkut di dalam retakan, dan nyeri muncul setiap kali menggigit atau mengunyah.

Gusi yang turun akibat cara sikat gigi yang salah, pasca pembersihan karang gigi, atau gigi yang menipis akibat diet tinggi asam juga dapat menjadi penyebabnya.

2. Sakit Gigi Berupa Nyeri Tumpul, Nyut-nyutan, dan Menetap

Paling sering disebabkan oleh gigi berlubang tahap lanjut. Sakit gigi cenderung terjadi berulang walaupun gigi yang berlubang sudah ditambal.

Kondisi ini biasanya terjadi jika lubang sudah mencapai pulpa, sehingga terkena saraf gigi. Awalnya sakit gigi hanya muncul jika ada stimulus, tapi kemudian muncul secara spontan. Stimulus panas memperberat nyeri, sedangkan dingin membuat nyeri berkurang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved