Breaking News:

Tribun Majene

Jaksa Sebut AD Otak Pelaku Korupsi Peningkatan Jalan Salutambung-Urekang Majene

Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat menangkap satu buron korupsi proyek peningkatkan Jalan Salutambung - Urekang Kabupaten Majene inisial AD

TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Jumpa pers penangkapan buron karupsi peningkatan jalan Salutambung Urekang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat menangkap satu buron korupsi proyek peningkatkan Jalan Salutambung - Urekang Kabupaten Majene inisial AD di Massamba Luwu Utara.

Sebelumnya jaksa sudah mengkap dua tersangka yakni H Rahbin selaku Direktur PT Samarinda Perkasa Abadi dan satu orang lainnya, Mohammad Imhal.

Jaksa menyebutkan AD adalah otak dari prakter korupsi yang merugikan negara hingga Rp 1.6 miliar.

Asisten Pidana Khusus ( Aspidsus ) Kejati Sulbar Feri Mupahir mengatakan uang muka sebagai dana pertama yang sudah cair senilai kurang lebih Rp 1,6 miliar yang seharusnya diperuntukan untuk keperluan mobilisasi alat berat, pembelian material dan kebutuhan lainnya.

Tapi malah digunakan untuk kepentingan pribadi tersangka AD bersama dua tersangka lainnya.

"Uang muka kurang lebih Rp 1,6 miliar sebagai dana pertama pada proyek itu, hampir dipastikan semua digunakan oleh tersangka AD bersama dua rekannya untuk kepentingan pribadi. Dan tidak digunakan pada keperluan proyek,” kata Feri kepada sejumlah wartawan di Mamuju, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan dalam penanganan kasus ini, penyidik Tipikor Kejati Sulbar, berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 177 Juta.

Yang disita di Perum Jamkrindo yang berasal dari pencairan uang muka. Selain itu, penyidik juga menyita uang 5 Juta dari tangan tersangka Muh Imhal.

"Kami akan terus berusaha melakukan penyelamatan uang negara yang dipakai membayar utang tersangka AD,"tuturnya. (*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved