Breaking News:

Perwali 36 Resmi Diberlakukan, Perbatasan Maros-Makassar Dijaga 24 Jam

Perwali nomor 36 tahun 2020 tentang percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Makassar, resmi diberlakukan hari ini, Senin (13/7/2020).

TRIBUN-TIMUR.COM/AM IKHSAN
Suasana penjagaan di perbatasan Jalan Poros Maros-Makassar, Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar, Senin (13/7/2020). 

TRIBUNMAROS.COM, MANDAI - Perwali nomor 36 tahun 2020 tentang percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Makassar, resmi diberlakukan hari ini, Senin (13/7/2020).

Humas Kecamatan Biringkanayya, Makarios menjelaskan penerapan Perwali untuk membatasi pergerakan keluar masuk Makassar sudah diberlakukan, namun masih dalam tahap sosialisasi.

Posko pemeriksaan pun berdiri di perbatasan Jalan Poros Maros-Makassar, samping Underpass Mandai, Kecamatan Biringkanayya, Kota Makassar.

Tiap pengendara yang lewat diperiksa satu per satu. Mereka diminta menunjukkan dokumen, seperti KTP, surat keterangan bebas Covid-19, hingga surat keterangan bekerja.

Pemeriksaan ini berlaku selama 24 jam. Personel yang jaga dibagi dua sift, yakni pukul 06.00-18.00 dan 18.00-06.00 Wita.

Mereka merupakan personel gabungan antara TNI-Polri dan Pemkot Makassar, yang berjumlah sekitar 30 orang.

“Besok (Selasa) baru penerapan. Hari ini kita gabungkan penerapan sekaligus sosialisasi bahwa pembatasan lintas daerah sudah dimulai,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa yang dikecualikan dalam aturan Perwali Nomor 36/2020, yaitu ASN, anggota TNI-Polri, karyawan swasta atau pedagang yang bekerja di Makassar. Bisa melintas tanpa suket.

“Yang jelas mereka bisa memperlihatkan keterangan bekerjanya,” jelasnya.

Sedangkan untuk pedagang, lanjutnya, dibuktikan dengan suket lurah setempat yang membuktikan bahwa mereka beraktivitas di Kota Makassar.

“Begitu pun buruh harian. Tetap ada surat keterangan,” ujarnya.(*)

Laporan Wartawan Tribunmaros.com, AM Ikhsan

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved