Breaking News:

PSM Makassar

VIDEO: Pelatih PSM Ini Ketat Soal Makanan, Ada Denda!

Baik Rasyid Assyahid Bakri atau Hilman Syah mengakui ada sejumlah pelatih asing yang melatih PSM Makassar sangat ketat soal menu makanan.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Baik Rasyid Assyahid Bakri atau Hilman Syah mengakui ada sejumlah pelatih asing yang melatih PSM Makassar sangat ketat soal menu makanan.

Rasyid yang sudah memasuki tahun kesembilan di PSM Makassar merasakan pelatih asing tidak ada kompromsi soal asupan makanan.

“Semua pelatih asing sangat ketat. Dan tidak ada kompromi. Tapi saya mengikuti instruksi tersebut,” kata Rasyid.

Hal senada juga diungkapkan Hilman Syah. Kiper yang dalam tiga musim terakhir memperkuat PSM Makassar mengaku kerap mendapat instruksi soal makanan.

Bahkan saat Coach Darije Kalezic, Hilman malah mendapat masukan khusus. Termasuk untuk menaikkan berat utamanya massa otot.

“Pelatih asing sangat ketat soal makanan. Saya pernah mendapat pesan khusus dari Darije Kalezic tentang berat badan saya,” kata Hilman.

Yani Perwitasari menambahkan bahwa setiap pemain memiliki masa otot berbeda. Jadi terkait berat badan dan massa otot itu ada penegasan yang berbeda.

"Kadang ada pemain yang berat badannya bertambah, tapi bukan karena kegemukan tapi massa ototnya yang naik, atau tulangnya," ujarnya.

Ia mencontohkan, mantan pemain asing PSM Eero Markanen yang diduga kegemukan, padahal menurut Yani massa otot Eero yang sebenarnya memang besar.

"Eero Markanen tinggi hampir dua meter. Otot di atas 85 persen, jadi saya lihat untuk bule masih normal. Untuk laki-laki otot itu sekitar 50 persen normalnya. Sedangkan atlet bisa 55 sampai 80-an. Biasanya semakin tinggi orang, ototnya semakin besar," katanya.(*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved