Breaking News:

BPS

BPS: Pertanian Masih Sektor Andalan Sulsel Tapi 2 Subsektor Turun di Juni 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan, pertanian masih menjadi sektor penopang utama di Sulawesi Selatan selama pandemi Covid-19.

TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD ABDIWAN
Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan, pertanian masih menjadi sektor penopang utama di Sulawesi Selatan selama pandemi Covid-19.

"Pertanian menjadi sektor yang menyelematkan Sulsel dari sentimen Covid-19," kata Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, Kamis (2/7/2020).

Tapi, Nilai Tukar Petani (NTP) Gabungan Provinsi Sulawesi Selatan Bulan Juni 2020 sebesar 96,57 atau turun 0,08 persen dibandingkan dengan NTP Bulan Mei 2020 dengan NTP sebesar 96,65.

Nilai Tukar Petani (NTP) yang diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (it) terhadap indeks harga yang dibayar petani (ib), merupakan salah satu indikator
untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di pedesaan.

NTP juga menunjukkan daya tukar (term of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi  maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan/daya beli petani.

NTP Subsektor Tanaman Pangan (NTPP) tercatat sebesar 96,18; Subsektor Tanaman Hortikultura (NTPH) sebesar
107,52; Subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat (NTPR) sebesar 93,53; Subsektor Peternakan (NTPT) sebesar
99,42; dan Subsektor Perikanan (NTNP) sebesar 96,96.

Pada Bulan Juni 2020, Nilai Tukar Petani (NTP) mengalami penurunan pada 2 (dua) subsektor, yaitu Subsektor Hortikultura dan Subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat.

Penurunan indeks yang diterima petani (it) terbesar terjadi pada Subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat, yaitu turun sebesar 1,19 persen.

Sedangkan Indeks yang dibayar petani (Ib) mengalami kenaikan di semua subsektor. Kenaikan Ib terbesar terjadi pada Subsektor Tanaman Pangan, yaitu sebesar 0,30 persen.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved