Breaking News:

Kemenkumham Sulsel

Sederet Inovasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Demi Tingkatkan Pelayanan Publik

Untuk tingkatan pelayanan publik Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berinovasi.

Penulis: Nur Fajriani R | Editor: Hasriyani Latif
Kemenkumham Sulsel
Inovasi Kemenkumham Sulsel yang disampaikan dalam Rakor pengendalian capaian kinerja ini digelar secara virtual di depan evaluator yang dipimpin Prof Dr Widodo Eka Cahyana, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Selasa (30/6/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Untuk tingkatan pelayanan publik Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan (Sulsel) terus berinovasi.

Semua inovasi tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto yang didampingi Kadiv Yankum Sri Yuliani, Kadiv Pemasyarakatan Taufiqurrahkman, Kadiv Imigrasi Dodi Karnida, serta Kadiv Admin Sirajuddin dalam rakor pengendalian capaian kinerja evaluasi semester satu.

Rakor pengendalian capaian kinerja ini digelar secara virtual, di depan evaluator yang dipimpin Prof Dr Widodo Eka Cahyana, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Selasa (30/6/2020) kemarin.

“Ini semua untuk peningkatan layanan publik di era new normal , dan menyongsong penilaian wilayah bebas dari korupsi (WBK). Di tahun 2019 , empat satker kami dapat predikat WBK, yakni kantor imigrasi Makassar, Pare-pare, Lapas Watampone dan Rutan Pinrang, “ kata Kepala Bagin Program dan Humas John Batara dalam keterangan resminya ke tribun-timur.com, Rabu (1/7/2020).

Berbagai inovasi tersebut di antaranya, dari divisi administrasi meliputi presensi barcode yang digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dalam mengikuti apel pagi dan sore.

Kemudian iGauk Sulsel yang digunakan untuk memantau kegiatan seluruh jajaran unit pelaksana teknis sehingga mudah penjadwalan, pelaporan dan publikasinya.

“Dan e-BMN digunakan untuk mencatat BMN ( barang milik negara ) melalui QR code sehingga jika barangnya berpindah tempat akan di diketahui,” kata Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin.

Inovasi selanjutnya dari Duyankum Online berupa pengaduan berbasis web, tentang layanan komunikasi masyarakat terkait kumham, KI ( kekayaan intelektual) dan Laporan Notaris Online.

Sedangkan di Divisi kegimigrasian ada Tagar Asing yaitu Data Warga Negara Asing pemegang izin tinggal yang update setiap saat.

Sementara dari Divisi Pemasyarakatan terdiri dari dua inovasi yaitu Sidang TPP on line dan Verifikasi Pengajuan Remisi, Asimilasi, CB, PB, CMB on line dalam satu hari.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved