Tribun Gowa

Bupati Gowa Dorong Generasi Cerdas dengan Tekan Stunting

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dalam menekan jumlah anak stunting di suatu daerah maka dibutuhkan perbaiki generasi sejak dini

Humas Pemkab Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. 

TRIBUN-GOWA.COM, SUNGGUMINASA -- Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dalam menekan jumlah anak stunting di suatu daerah maka dibutuhkan perbaiki generasi sejak dini.

Menurutnya, persoalan stunting menyangkut masa depan suatu daerah atau masa depan suatu bangsa.

"Kalau generasi kita persiapkan dengan baik sejak dini maka yakin dan percaya daerah atau bangsa itu pasti akan baik. Seperti berupaya maksimal menekan jumlah anak stunting," katanya, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, menekan jumlah anak stunting harus dengan mempersiapkan generasi yang kuat, generasi yang berkualitas dan memiliki kompetensi.

Pasalnya merekalah yang akan membawa daerah atau bangsa kearah yang lebih baik 15 hingga 20 tahun ke depan.

Dalam menyiapkan generasi seperti ini lanjut Adnan, ada empat faktor yang harus didorong.

Pertama, perbaikan gizi untuk seluruh anak-anak sejak dini. Hal ini menjadi faktor utama anak menjadi stunting.

"Anak-anak kita harus memproduksi gizi yang baik dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta makanan dengan sumber protein, baik nabati maupun hewani," ujarnya.

Kedua, seluruh sektor yang berkerja dalam mencegah jumlah stunting di setiap daerah harus memiliki visi dan pemahaman yang sama.

Ketiga, dalam mencegah stunting, pemerintah daerah harus memiliki konsep yang jelas. Seperti pada sistem pola asuh, pola makan dan sanitasi serta kebutuhan air bersih.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved