Tribun Bone

Warga Protes Tambang Ilegal, Dinas Perindustrian Bone: Kami Telah Minta Untuk Dihentikan

Mereka merasa aktivitas tambang telah menimbulkan kerugian bagi masyarakat setempat. Jalan menjadi rusak, abrasi terus terjadi dan pengairan sawah

Ist
Salah satu usaha tambang diduga ilegal di Desa Pakkassalo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG BARAT - Warga Desa Pakkassalo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mendesak pemerintah untuk menutup tambang pasir yang diduga ilegal di wilayah tersebut.

Mereka merasa aktivitas tambang telah menimbulkan kerugian bagi masyarakat setempat. Jalan menjadi rusak, abrasi terus terjadi dan pengairan sawah terganggu.

Jalan sepanjang empat kilometer rusak parah. Sungai pun mengalami erosi dan mengancam tanah dan pemukiman penduduk.

Sejumlah sawah pun terancam, pasalnya truk bermuatan berat keluar masuk lokasi tambang, sehingga merusak irigasi pertanian.

Kepala Seksi Pertambangan Dinas Perindustrian Kabupaten Bone, Afni mengatakan, pihaknya telah turun ke lapangan untuk memantau aktivitas tambang.

Bahkan, kata dia, bukan hanya aktivitas tambang di Kecamatan Dua Boccoe yang mereka datangi, termasuk juga Kecamatan Ajangale dan Kecamatan Tellu Siattingnge.

"Kami sudah turun ke lapangan dan memberikan surat kepada pemilik tambang ilegal untuk menghentikan aktivitasnya," katanya saat ditemui di ruangannya, Senin (29/6/2020).

Ia mengaku pihaknya, tak memiliki kewenangan untuk menutup langsung aktivitas tambang.

"Kam hanya memonitoring dan menyampaikan temuan. Setelah itu kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk penertiban tambang ilegal. Karena kewenangan menutup dan menghentikan aktivitasnya tambang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," ucap Afni.

Ia pun meminta seluruh pemilik tambang ilegal di Bone untuk mengurus izin.

Sedangkan tambang ilegal yang beroperasi tidak masuk wilayah sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah untuk menghentikan aktivitasnya.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved