Tribun Sidrap

Saluran Irigasi Wettee Kabupaten Sidrap Jebol

Saluran primer BW1-BW2 Daerah Irigasi Wettee, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan jebol.

WAG
Saluran primer BW1-BW2 Daerah Irigasi Wettee, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap jebol. 

TRIBUNSIDRAP.COM, PANCA LAUTANG - Saluran primer BW1-BW2 Daerah Irigasi Wettee, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan jebol.

Kondisi jebol tersebut dipicu oleh kerusakan saluran akibat luapan air Sungai Bilokka.

"Sungai meluap akibat intensitas hujan cukup tinggi mengguyur Sidrap tiga hari terakhir," kata Camat Panca Lautang, Muhammad Basri, Senin (29/6/2020).

Ia menyebutkan, jebolnya saluran tersebut berdampak pada terganggunya jaringan irigasi primer Daerah Irigasi Wettee. Tentunya juga berdampak pada sawah petani yang berada di sekitar lokasi.

"Itulah sebabnya Pemerintah Kecamatan Panca Lautang ditemani Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Lili Lautang, bergotong royong segera memperbaiki saluran jebol tersebut," jelasnya.

Untuk memaksimalkan penanggulangan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjalin kerjasama dan koordinasi bersama pemerintah kabupaten, kecamatan, desa dan lurah.

“Kalau bisa kita lakukan pembersihan saluran irigasi secara rutin agar tidak ada lagi saluran air yang tersumbat kedepan,” paparnya.

Ia berharap, para warga tak sungkan untuk segera melaporkan setiap permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

"Termasuk jika terjadi serangan hama penyakit pada tanaman padi maupun kejadian lainnya. Diharapkan kordinasinya," tuturnya.(*)

Laporan Wartawan TribunSidrap.com, @herysyahrullah

Penulis: Hery Syahrullah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved