Tribuners Memilih

Pengamat Politik Unibos: Wajar Belum Ada Deklarasi, Masih 2 Bulan

Pengamat Politik Unibos Arif Wicaksono angkat bicara terkait belum ada pasangan calon yang menggelar deklarasi di Pilwali Makassar

Dok Pribadi Arif Wicaksono
Pengamat Politik asal Universutas Bosowa (Unibos) Arif Wicaksono 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengamat Politik asal Universutas Bosowa (Unibos) Arif Wicaksono angkat bicara terkait belum ada pasangan calon yang menggelar deklarasi di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar tahun ini

"Wajarlah kalau belum ada yang deklarasi, masih ada 2 bulan lebih," kata Arif via pesan WhatsApp, Senin (29/6/2020).

Menurutnya, secara obyektif para kandidat hampir bisa dipastikan masih terus berkonsolidasi secara internal dan juga membangun komunikasi politik dengan beberapa pihak, terutama dengan partai politik.

"Keadaan masih sangat cair, dan masih bisa terjadi perubahan hingga detik terakhir jelang pendaftaran," katanya.

Namun, melihat dua bulan tersisa tepatnya 67 hari, idealnya dengan paslon yang belum terbentuk, tentunya harus penyiapan mesin partai untuk sosialisasi.

"Nah itu dia, bagi pasangan calon kandidat yang belum terbentuk, juga harus kerja keras mencari kendaraan politik yang akan digunakan, karena di Makassar tidak ada satupun partai politik yang memiliki kecukupan syarat untuk mengusung sendiri calonnya," ujarnya.

"Jadi harus berkoalisi dengan partai lain. Kalau soal kesiapan mesin partai, saya kira mereka semua sudah siap, tinggal bagaimana mereka berkomunikasi dengan para calon kandidat," jelas Arif.

Namun idealnya, kapan waktu tepat untuk melakukan deklarasi?

"Paling bagus deklarasi itu dekat-dekat masa pendaftaran, supaya masing-masing pendukung langsung terkonsolidasi untuk bergerak di lapangan," ujarnya. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved