Kredit Perbankan

OJK Dorong Perbankan Kembali Salurkan Kredit

Bank Indonesia mencatatkan pertumbuhan kredit pada April 2020 yang tetap lemah, yaitu tercatat sebesar 5,73 (yoy).

OJK Dorong Perbankan Kembali Salurkan Kredit
hasim/tribun-timur.com
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua, M Nurdin Soebandini

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bank Indonesia mencatatkan pertumbuhan kredit pada April 2020 yang tetap lemah, yaitu tercatat sebesar 5,73 (yoy). 

Sementara itu, pertumbuhan kredit di Sulawesi Selatan secara year to year mencapai minus -0,07 persen. 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua, MN Soebandi mengatakan, dalam POJK no 11 Tahun 2020, selain relaksasi dengan Skema Restrukturisasi. 

"Industri Perbankan ditekankan juga untuk memberikan penyediaan dana baru atau pembiayaan," kata Soebandi, Senin (29/6/2020). 

OJK mencermati bahwa restrukturisasi kredit terdampak Covid-19 sudah mulai melandai pada Juni. Puncak restrukturisasi tersebut sudah terjadi pada April dan Mei.

 Oleh karena itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengimbau perbankan untuk mulai melakukan penyaluran kredit kepada debitur baik yang melakukan restrukturisasi maupun yang tidak.

"Debitur yang tidak melakukan restrukturisasi ini merupakan peluang yang perlu didorong untuk pertumbuhan ekonomi. Sementara yang melakukan restrukturisasi ini perlu membutuhkan perhatian khusus," kata Wimboh Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI pada Senin (29/6/2020).

Wimboh bilang, OJK akan memonitoring seluruh rencana bisnis bank sampai dengan Desember 2020 terkait dengan penyaluran kredit. Monitoring itu akan dilakukan secara detail, bahkan per sektor.

OJK menyambut baik kebijakan penempatan dana sebesar Rp 30 triliun di bank BUMN. Menurut Wimboh, penempatan dana tersebut merupakan bentuk perhatian dan dorongan bagi bank untuk lebih agresif lagi dalam menyalurkan kredit dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi.

Kondisi perbankan Sulsel masih dalam kondisi sehat, aset sampai April 2020, tumbuh 2,27 persen.

Halaman
12
Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved