Breaking News:

Video Viral, Pria Sembuh dari Covid-19 Pulang Jalan Kaki ke Rumahnya Sejauh 8 Km karena Nadzar

"[Viral] Sembuh dari Corona, Nadzar jalan kaki dari RS Sardjito ke rumah Drono, banyak warga antusias menyambut," tulis akun tersebut.

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebuah video menampilkan seorang pria yang baru saja sembuh dari virus corona atau Covid-19 pulang dari RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, ke rumahnya dengan berjalan kaki viral di media sosial Twitter.

Pria tersebut pulang dengan berjalan kaki ke rumahnya yang berjarak 8 kilometer karena sebelumnya telah bernazar.

Unggahan video tersebut dibagikan oleh pemilik akun Twitter @merapi_news pada Jumat (26/6/2020).

Hingga berita ini diturunkan, unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 13.000 kali dan mendapat banyak komentar dari warganet.

Dalam unggahannya, @merapi_news menuliskan narasi berikut.

"[Viral] Sembuh dari Corona, Nadzar jalan kaki dari RS Sardjito ke rumah Drono, banyak warga antusias menyambut," tulis akun tersebut.

INILAH Keunggulan Vivo V19 Ponsel Gaming Canggih dengan Fitur Ultra Game Mode

Biodata Fransen Susanto, Rekan Bisnis Raffi Ahmad yang Pernah Dikabarkan Pacari Ayu Ting Ting

Foto seorang tenaga medis RSUD Ambon yang diduga menjadi korban penganiayaan sejumlah keluarga yang mengambil paksa jenazah Covid-19 viral di media sosial Facebook, Sabtu (27/6/2020).
Foto seorang tenaga medis RSUD Ambon yang diduga menjadi korban penganiayaan sejumlah keluarga yang mengambil paksa jenazah Covid-19 viral di media sosial Facebook, Sabtu (27/6/2020). (KOMPAS.COM)

Konfirmasi Kompas.com

Untuk mencari tahu bagaimana cerita selengkapnya, Kompas.com menghubungi langsung pria yang bernazar tersebut.

Pria tersebut enggan menyebutkan nama aslinya, hanya ingin disebut menggunakan inisial K.

Saat dikonfirmasi, pria berinisial K tersebut membenarkan bahwa dirinya yang bernazar untuk pulang dengan berjalan kaki dari RSUP Dr Sardjito ke kediamannya.

"Iya benar. Saya lakukan itu karena nazar sebelum sembuh dari virus corona dulu," kata K saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/6/2020).

Dia menjelaskan, mulanya dia dirawat dan dikarantina di Rumah Sakit Mitra Paramedika, Cangkringan, Sleman, pada 7 Mei 2020.

K mengaku, dirinya termasuk klaster Indogrosir Sleman.

"Waktu itu ceritanya saya dirawat di RS Mitra Paramedika karena masuk klaster Indogrosir Sleman. Saya salah satu dari teman-teman yang dirawat," ujar K.

INILAH Keunggulan Vivo V19 Ponsel Gaming Canggih dengan Fitur Ultra Game Mode

Perjalanan YouTube SkinnyIndonesia24, Akan Pamit pada 2021, Awal Berdiri hingga Alasan Mundur

Owner RSIA Ananda, dr Fadli Ananda meresmikan gerakan bangkit dari masjid yang berlangsung di Masjid Siratal Mustaqim, Jl Danau tanjung Bunga, Makassar, Jumat (26/6/2020). Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan di masa pandemi ini. Dalam peresmian tersebut, dr Fadli mengimbau masyarakat setempat agar tetap memerhatikan protokol kesehatan, seperti menerapkan physical distancing, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan. Selain itu, dia juga mengkampanyekan hastag #nakkelawancovid #mesjidkuatdanmenguatkan.
Owner RSIA Ananda, dr Fadli Ananda meresmikan gerakan bangkit dari masjid yang berlangsung di Masjid Siratal Mustaqim, Jl Danau tanjung Bunga, Makassar, Jumat (26/6/2020). Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan di masa pandemi ini. Dalam peresmian tersebut, dr Fadli mengimbau masyarakat setempat agar tetap memerhatikan protokol kesehatan, seperti menerapkan physical distancing, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan. Selain itu, dia juga mengkampanyekan hastag #nakkelawancovid #mesjidkuatdanmenguatkan. (TRIBUN-TIMUR.COM/SANOVRA JR)

Dirinya dirawat di rumah sakit tersebut sembari menunggu hasil tes swab keluar hingga akhirnya dinyatakan positif Covid-19.

Tepat pada 17 Mei 2020, dia langsung dirujuk ke RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, untuk menjalani perawatan.

"Saat itu banyak dari teman-teman saya sudah dinyatakan sembuh dan boleh pulang," papar K.

"Tapi, hasil swab saya masih positif terus. Saya bingung dan stres mengapa kok masih positif terus," imbuhnya.

Nazar seminggu setelah dirawat

K mengungkapkan, dia lalu melakukan nadzar tersebut tepat seminggu setelah dirawat di RSUP Dr Sardjito.

Ia berdoa agar bisa kembali pulang dan sembuh. Saat itu, ia bernazar jika kelak bisa sembuh, maka dirinya akan pulang dengan jalan kaki dari rumah sakit ke rumahnya.

"Alhamdulillah, pas tanggal 26 Juni kemarin, hasil tes swab sudah negatif untuk yang kedua setelah sebelumnya juga negatif. Akhirnya diizinkan pulang oleh dokter," kata K.

K menuturkan, jarak RSUP Dr Sardjito menuju rumahnya yang berada di Dusun Drono, Tridadi, Sleman, sejauh 8 km.

"Kalau jaraknya sekitar 8 km. Kemarin saya jalan itu lebih kurang 1,5 jam," jelas K.

Dia pun berterima kasih kepada seluruh keluarga dan rekan-rekannya karena turut mendoakannya agar sembuh dari Covid-19. K mengaku, dirinya saat terinfeksi Covid-19 masuk kategori pasien orang tanpa gejala (OTG).

"Saya tidak dengan gejala. Semua obat yang diberikan, saya minum semua, makanan yang diberikan rumah sakit juga saya habiskan semua. Semua yang disarankan teman, saya lakukan, di antaranya minum vitamin dan jamu," jelas K.

"Terima kasih juga untuk bapak dan ibu dokter serta perawat yang sudah merawat saya," pungkas dia.

Simak videonya!

https://www.youtube.com/watch?v=1iSwde7DW0o&t=31s

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Pria Sembuh dari Covid-19 Pulang Jalan Kaki ke Rumahnya Sejauh 8 Km, Ini Sebabnya", .

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved