Akademi PSM

Edgard Amping, Pemain Akademi PSM Andalan Garuda Select

Para pemain muda ini diproyeksi dapat menjadi pemain masa depan di persepakbolaan Indonesia, salah satunya Edgard Amping.

Akademi PSM
Pemain Akademi PSM Makassar, Edgard Amping 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Akademi PSM Makassar memiliki sejumlah pemain didikan berbakat.

Para pemain muda ini diproyeksi dapat menjadi pemain masa depan di persepakbolaan Indonesia, salah satunya Edgard Amping.

Edgard memperkuat tim muda PSM Makassar yang berlaga di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16, dari tahun 2018 sampai saat ini.

Di 2018 juga pernah menjadi bagian dari Timnas Pelajar U-15, mengikuti Turnamen Internasional Youth Football Tournament di China, dan berhasil menjadi juara ke 2.

Edgard bahkan masuk dalam starting 11 pemain terbaik di turnamen tersebut.

Pemain kelahiran Mamuju, 9 Juni 2003 ini mengawali karirnya di SSB Mitra Manakarra sejak usia 11 tahun.

Edgard memperkuat SSB Mitra Manakarra ke Putaran Nasional Danone Nation Cup di Jakarta 2016.

Edgard bisa bermain baik di tiga posisi berbeda. Posisi aslinya adalah winger kiri. Namun saat seleksi Garuda Select oleh Dennis Wise, ia dipasang sebagai bek kanan, kemudian di Garuda Select bermain sebagai bek kiri.

Menurut pelatih Edgard di SSB Mitra Manakarra dan saat ini Pelatih Kepala PSM Makassar U-18, Muh Irfan Rahman, Edgard adalah sosok yang rendah diri dan pekerja keras.

“Edgard bisa menjadi panutan buat teman-temannya bahwa sepakbola tidak cukup hanya dengan bakat saja, butuh keras keras untuk mencapai impian,” kata Irfan, Minggu (28/6/2020).

Menurutnya, terkadang Edgard menambah sendiri porsi latihannya seperti joging ke stadion yang jarak dari rumahnya sekitar tujuh kilometer.

Ia pun berpesan agar Edgard tetap semangat latihan. “Dan jangan cepat puas dengan hasil yang telah diraih saat ini,” katanya.

Edgard memiliki 1487 total menit bermain selama di Garuda Select, dengan total jarak tempuh adalah 121, 45 km atau sekitar 8,67 km per match. Pemain dengan tinggi 171 cm dan berat 65 kg telah mencatat tiga asist di Garuda Select.

“Edgard mendapat dukungan luar biasa dari orang tuanya, Luther Amping. Bapaknya hampir tiap hari mengantar Edgard berangkat latihan,” pungkas Irfan. (*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved