Tribun Wajo

Soal Penunjukan Kepala Lingkungan, Warga dan Camat Tanasitolo Adu Mulut di DPRD Wajo

Hal itu dipicu silang pendapat antara masyarakat dan Camat Tanasitolo, Andi Sahri Alam Palaguna sekaitan penunjukan kepala lingkungan.

Ist
Masyarakat Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo adu mulut dengan Camat Tanasitolo, di kantor DPRD Wajo, Jumat (26/6/2020). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Masyarakat Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, adu mulut dengan Camat Tanasitolo, di kantor DPRD Wajo, Jumat (26/6/2020).

Hal itu dipicu silang pendapat antara masyarakat dan Camat Tanasitolo, Andi Sahri Alam Palaguna sekaitan penunjukan kepala lingkungan.

Masyarakat menuding, ada unsur politik dalam pencopotan Kepala Lingkungan Bontouse di Kelurahan Pincengpute.

"Setelah dilakukan penelusuran masyarakat Pincengpute terhadap orang yang ditunjuk sebagai Kepala Lingkungan oleh Camat, disimpulkan bahwa ada unsur politik di dalamnya," kata masyarakat, Ikhsab Rahmat.

Menurutnya, ada tradisi atau karakteristik setiap melakukan penggantian pejabat di Kelurahan Pincengpute yaitu, tokoh masyarakat dikumpulkan terlebih dahulu dan dilakukan musyawarah untuk mufakat.

"Namun Camat dan Lurah saat ini melakukan penunjukan secara sepihak," katanya.

Sementara, Andi Sahri Alam Palaguna menampik tudingan itu.

Menurutnya, Camat tidak pernah menyatakan bahwa penunjukan Kepala Lingkungan adalah hak preogratif Camat dan masyarakat tidak pernah datang ke Kantor Camat.

"Pengangkatan Kepala Lingkungan adalah usulan dari Lurah, dan Camat hanya melakukan tanda tangan saja. Penunjukan Kepala Lingkungan memang kewenangan dari pemerintah karena tidak diatur dalam Perda," katanya.

Situasi sempat memanas ketika Camat dan masyarakat adu argumen, tapi bisa diredam oleh anggota DPRD Wajo yabg menerima aspirasi.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved