Tribun Luwu

DKP dan PKK Luwu Ajak Warga Tanam Sayur di Pekarangan Rumah

Kepala DKP Luwu, Tandi Raja mengatakan, gerakan ini digalakkan dalam mewujudkan pangan mandiri sebagai solusi ketahanan pangan di tengah pandemi

Ist
Ketua TP PKK Luwu Hayarna Basmin (kedua kanan) meninjau sayur yang ditanam salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) di Luwu 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mengajak warga menanam tanaman holtikultura di pekarangan rumah.

Kepala DKP Luwu, Tandi Raja mengatakan, gerakan ini digalakkan dalam mewujudkan pangan mandiri sebagai solusi ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Budidaya tanaman hortikultura meliputi sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias hingga obat-obatan," ucap Tandi, Jumat (26/6/2020).

Dalam memasifkan gerakan ini ke warga, pihaknya berkolaborasi dengan pengurus TP PKK Luwu yang diketuai Hayarna Basmin.

"Kita berharap melalui penanaman tanaman hortikultura di pekarangan rumah, mampu mencukupi kebutuhan pangan keluarga. Tentunya lebih sehat dan produktif," terang dia.

Sementara itu, Hayarna mengatakan, pihaknya bersama DKP terus melakukan pendampingan terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT).

Sehingga ia juga mengajak warga khususnya ibu-ibu memanfaatkan pekarangan dengan cara menanam sayur.

Karena dengan menanam sayur di pekarangan milik sendiri, ibu-ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli sayur mayur.

"Jika kita memanfaatkan lahan atau pekarangan untuk menanam sayur, kita tidak perlu membeli di pasar atau menunggu datangnya penjual sayur dan kita dapat berhemat," katanya.

Selain berhemat, jika hasil panen melimpah tidak menutup kemungkinan hasil panen tersebut dijual kepada warga di lingkungan sekitar.

"Sehingga menjadi sumber pemasukan baru bagi keluarga," ucapnya.

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Chalik Mawardi

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved