Imigrasi Mamuju

Perketat PORA, Imigrasi Mamuju Sisir Hotel dan Penginapan

Kali ini, Imigrasi Mamuju menyasar Hotel dan Penginapan yang ada di Kota Mamuju, Sulawesi Barat.

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Kantor Imigrasi Mamuju melakukan pengawasan orang asing di Hotel dan Penginapan di Kota Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Dalam rangka penguatan tugas dan fungsi Pengawasan terhadap Orang Asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju melaksanakan Operasi Mandiri Pengawasan Orang Asing (PORA), Kamis (25/6/2020).

Kali ini, Imigrasi Mamuju menyasar Hotel dan Penginapan yang ada di Kota Mamuju, Sulawesi Barat.

Kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa tidak ada Orang Asing yang berada di wilayah Kota Mamuju tanpa memiliki dokumen perjalanan resmi dan sudah tidak berlaku.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Mamuju, James Mudan, mengatakan Operasi Mandiri ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait keberadaan orang asing di wilayah Mamuju.

"Kami selalu berkoordinasi dengan anggota Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Mamuju, tugas kami memang selalu memastikan bahwa Orang Asing yang berada di wilayah Mamuju, memiliki Dokumen Perjalanan dan Ijin tinggal yang sah dan masih berlaku,"tegas James Mudan.

Kebijakan Keimigrasian di Indonesia, kata dia, menganut kebijakan selective policy bahwa hanya Orang Asing yang dianggap bermanfaat bagi Negara yang diizinkan masuk wilayah Indonesia, mau taat dan tunduk terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Serta tidak membahayakan kemanan dan ketertiban umum, dan keberadaan serta aktivitasnya di Indonesia harus sesuai dengan maksud dan tujuannya sebagaimana yang tertulis pada visa dan izin tinggal yang dimiliki.

“Teori Kebijakan Selective Policy merupakan prinsip fundamental yang telah dicantumkan pada bagian kesatu penjelasan Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,"jelas Kepala Seksi Tikim Kanim Mamuju yang juga ikut dalam Operasi Mandiri tersebut.

Dari hasil pengawasan yang dilakukan, tidak ditemukan adanya unsur Pelanggaran Kemigrasian di wilayah Mamuju.

Hotel dan penginapan yang di datangi pun mengaku tidak pernah kedatangan tamu Warga Negara Asing sejak dua bulan terakhir.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved