Breaking News:

Tribun Bulukumba

Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Bulukumba Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir

Salah satu kabupaten yang mendapat peringatan dini, yakni Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ist
Hujan lebat mengguyur Kota Bulukumba, di Kecamatan Ujung Bulu, Jumat (19/6/2020) 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai petir dibeberapa daerah, Jumat (19/6/2020).

Salah satu kabupaten yang mendapat peringatan dini, yakni Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berdasarkan prakiraan BMKG Makassar, kabupaten berjuluk Butta Panrita Lopi ini, dari pagi hingga malam.

Suhu udara diprediksi mulai dari 20 – 32 derajat celcius, kelembapan udara berkisar antara 65 - 95 %, dengan kecamatan angin Timur –Tenggara 10 – 40 km/jam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, Andi Akrim Amir mengatakan, ia telah meminta warga untuk waspada.

Terkhusus bagi warga yang bermukim di daerah aliran sungai dan wilayah rawan banjir lainnya.

Terkait peringatan dini BMKG, Pemda Bulukumba, dalam hal ini BPBD sebagai salah satu OPD yg mengkoordinir penanganan bencana telah melakukan langkah antisipasi.

Seperti salah satunya memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di daerah rawan bencana khususnya bencana banjir.

"Kami mengajak untuk kita senantiasa mewaspadai fenomena cuaca yang saat ini terjadi dengan tetap tidak panik," kata Andi Akrim, kepada Tribun Timur.

Andi Akrim mengaku, hingga saat ini pihaknya telah mempersiapkan ketersediaan logistik, apabila terjadi keadaan darurat untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak.

Begitupun dengan kesiapan personel, lanjut Akrim, pihaknya senantiasa melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder, termasuk TNI-Polri.

"Dan yang terpenting keikutsertaan masyarakat dalam penanganan bencana. Intinya, penanganan Bencana adalah tanggung jawab bersama," tambahnya.

Sekadar diketahui, saat berita ini dikirim sekira pukul 14.15 Wita, Kota Bulukumba di Kecamatan Ujung Bulu, diguyur hujan lebat. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved