Tribun Luwu

Segini Besaran Dana Kapitasi BPJS Kesehatan untuk 22 Puskesmas di Luwu

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Luwu, dr Makhdur Muchtar, mengatakan, dana kapitasi diperuntukkan bagi 22 Puskesmas di Luwu.

Ist
Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Luwu, dr Makhdur Muchtar. 

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Puskesmas di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, mencapai Rp 25 miliar pada tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Luwu, dr Makhdur Muchtar, mengatakan, dana kapitasi diperuntukkan bagi 22 Puskesmas di Luwu.

Yakni Puskesmas Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat, Belopa, Belopa Utara, Kamanre, Bajo, Bajo Barat, Bassesangtempe, Latimojong, Bupon, Ponrang Selatan.

Puskesmas Bassesangtempe Utara, Bua, Lamasi, Lamasi Timur, Ponrang, Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Utara, dan Walenrang Barat.

"Tahun 2020 dana kapitasi Rp 25 miliar untuk 22 Puskesmas," ujar Makhdur, Selasa (16/6/2020).

Ia menyebutkan, alokasi dana kapitasi bagi Puskesmas dianggarkan melalui Dinas Kesehatan.

Digunakan untuk membiaya pelayanan medis dan paramedis serta biaya operasional.

"Pengunaan dana di masing-masing Puskesmas, yakni 70 persen untuk jasa pelayanan medis dan para medis, kemudian 30 persen biaya operasional. Sudah termasuk biaya listrik, air, wifi, dan belanja modal," jelas dia.

Menurut Makhdur, dana kapitasi yang diterima setiap Puskesmas berbeda-beda nilainya.

Sebab dana disalurkan sesuai dengan jumlah peserta terdaftar di FKTP.

"Besaran dana kapitasi itu tergantung jumlah peserta JKN yang terdaftar FKTP. Untuk penggunaan dana ini diupayakan untuk direalisasikan seoptimal mungkin," katanya.

"Sementara untuk daerah terpencil dana kapitasinya cukup besar karena jarak, kemudian jasa dokter dan semua tenaga kesehatan," jelasnya.

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Chalik Mawardi

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved