Breaking News:

Update Corona Sulsel

Wagub Sulsel: Kita Fokus Tekan Penyebaran Sembari Sosialisasi

Menuju masa New Normal, Presiden Joko Widodo, didampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, memberikan pengarahan kepada seluruh gubernur

Editor: Suryana Anas
DOK TRIBUN TIMUR.COM/SALDY
Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman 

MAKASSAR - Menuju masa kenormalan baru (New Normal), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, didampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Moenardo, memberikan pengarahan kepada seluruh gubernur di Indonesia, melalui Video Conference (Vicon), Rabu, 10 Juni 2020.

Dalam Vicon ini, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, turut mengikuti arahan Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa pembukaan sebuah daerah menuju sebuah tatanan baru masyarakat yang produktif dan aman Covid-19, harus melalui tahapan-tahapan yang ketat dan hati-hati.

"Jangan sampai ada kesalahan kita memutuskan, sehingga terjadi kenaikan kasus di sebuah daerah," tutur Presiden yang dikutip dari laman setkab.go.id.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa arahan.
Pertama, Presiden mengingatkan perlunya prakondisi yang ketat.

"Ini yang paling penting sosialisasi kepada masyarakat itu harus masif, sehingga bagaimana mengenai penggunaan masker, mengenai jaga jarak, mengenai cuci tangan, mengenai jangan masuk ke kerumunan/keramaian yang terlalu padat," kata Presiden.

Lebih lanjut, Presiden meminta untuk terus disampaikan kepada masyarakat, diikuti, dan dijalankan dengan simulasi-simulasi yang baik, sehingga saat masuk ke dalam tatanan normal baru maka kedisiplinan warga sudah betul-betul siap dan ada. Inilah, menurut Presiden, prakondisi yang disiapkan sehingga disiplin pakai masker, jaga jarak aman, sering cuci tangan, hindari kerumunan, tingkatkan imunitas harus terus disampaikan kepada masyarakat.

"Saya juga sudah perintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk menghadirkan aparat di titik-titik keramaian di daerah untuk mengingatkan warga agar disiplin, untuk mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan," kata Presiden.

Kedua, berkaitan dengan penentuan waktu. "Ini penting sekali, kapan timing-nya, ini penting sekali. Ini harus tepat. Kalkulasinya, hitungan-hitungannya berdasarkan data dan fakta lapangan yang ada," ujarnya.

Presiden mengingatkan pada daerah, apabila sudah ingin memutuskan masuk ke kenormalan baru, agar dibicarakan dulu dengan Ketua Gugus Tugas.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved