TERNYATA, Disinfektan Berbahaya untuk Pengidap Asma dan Alergi, Ini yang Terjadi Jika Terkena Wajah

Kalau mau menyemprotkan disinfektan dr. Erlina menyarankan ke benda-benda yang dibawa saja, yang berisiko menempel virus Covid-19.

sanovra jr/tribun-timur.com
Petugas gabungan menyomprotkan cairan disinfektan kepada pengendara yang memasuki ke kabupaten Gowa di perbatasan Gowa-Makassar, Jl Tun Abd Razak, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/5/2020). Penyomprotan tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) dan mengimbau pengguna jalan tentang aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gowa yang akan diterapkan pada Senin (4/5/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ternyata, Disinfektan Berbahaya untuk Pengidap Asma dan Alergi, Ini yang Terjadi Jika Terkena Wajah

Sejak Virus Corona ( Covid-19 ) menghebohkan dunia, disinfektan menjadi sangat penting dan banyak juga yang mencoba membuatnya sendiri di rumah karena susah ditemui.

Sempat heboh juga disinfektan yang ada di pintu-pintu komplek perumahan maupun gedung-gedung tertentu yang disemprotkan sebelun masuk komplek dan gedung.

Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlina Burhan, Sp.P(K) menjelaskan yang perlu diingat saat penggunaan disinfektan adalah jangan mengenai kulit dan wajah.

Bagi yang memiliki masalah alergi kulit terutama yang memiliki asma harus berhati-hati karena berisiko menimbulkan kekambuhan karena bahan-bahan kimia pada disinfektan.

UPDATE Corona Indonesia Hari Ini Selasa 9 Juni: Rekor Tertinggi, Kasus Positif Bertambah 1.043 Orang

BERLANJUT, Azriel Hermansyah Kembali Beri Pesan Menohok Pada Ayah Tirinya Raul Lemos & Krisdayanti

Jamaah melewati bilik disinfektan saat memasuki area Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi untuk melaksanakan shalat Jumat, Jumat (29/5/2020). Pemeritah Kota Bekasi mengizinkan sejumlah masjid di zona hijau untuk melaksanakan kegiatan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Jamaah melewati bilik disinfektan saat memasuki area Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi untuk melaksanakan shalat Jumat, Jumat (29/5/2020). Pemeritah Kota Bekasi mengizinkan sejumlah masjid di zona hijau untuk melaksanakan kegiatan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Disinfektan ada berbagai macam kandungan kalau kulit Alergi jadi masalah kalau disemprotkam ke wajah, kalau asma kalau menghirup zat tertentu akan jadi Alergi," ungkap dr. Erlina saat live bersama Radio Kesehatan, Selasa (9/6/2020).

Kalau mau menyemprotkan disinfektan dr. Erlina menyarankan ke benda-benda yang dibawa saja, yang berisiko menempel virus Covid-19.

"Misalnya mau ke gedung membawa barang-barang tertentu itu disemprot disinfektan dulu boleh lah, kalau ada virus dipermukaan benda disemprot disinfektan itu akan mati," kata dr. Erlina.

Hindari juga pemyemprotan disinfektan ke plastik atau wadah yang berisi makanan yang langsung di makan karena takutnya menempel pada makanan dan tertelan.

"Kalau beli makanan berbungkus bungkus luarnya saja jangan kena masakan yang langsung dimakan, kalau kaya susu atau sirup di kalemg itu gak usah disemprot disinfektan, cukup dilap saja," pungkas dr. Erlina.

Presiden The Maczman Imbau Pemain PSM Jaga Imunitas Tubuh Selama Masa Pandemi Covid-19

Halaman
123
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved