Dewan Masjid Indonesia

DMI Pusat Serukan Masjid Dibuka, Ini 9 Poin Penting Surat Edaran Diteken JK

Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) merilis surat edaran (SE), prihal edaran ke-3 Masjid dan jamaah dalam The New Normal.

WA Berbagi Informasi Covid-19
Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) merilis surat edaran (SE), prihal edaran ke-3 Masjid dan jamaah dalam The New Normal. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) merilis surat edaran (SE), prihal edaran ke-3 Masjid dan jamaah dalam The New Normal.

SE yang diteken Ketua PP DMI HM Yusuf Kalla dan Sekjen PP DMI H Imam Addaruqutni di Jakarta, pada 30 Mei 2020 ditujukan kepada seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Kecamatan, Ranting DMI, dan DKM/Ta'mir Seluruh Indonesia.

Dalam SE tersebut menjelaskan, berdasarkan SE Menteri Agama, No. SE. 15/2020, dan Fatwa MUI No. 14/2020 yang semuanya menyangkut pelaksanaan peribadatan di masa pandemic Covid-19, maka PP DMI menyeru 9 poin penting kepada seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, Ranting, dan DKM Takmir masjid seluruh Indonesia.

1. Membuka masjid untuk jamaah baik salat wajib lima waktu maupun jumatan dengan tetap mengikuti perkembangan informasi penularan Covid-19 di daerah setempat.

2. Untuk menjaga keselamatan jamaah, masjid harus memberlakukan protokol cegah tangkal Covid- 19 di antaranya: Jaga Jarak minimal 1 meter antar-jamaah, kenakan masker dari rumah, bawa sajadah atau saputangan sendiri, atau kelengkapan lain yang diperlukan.

3. Gulung karpet, disiplin membersihkan lantai Masjid atau Musala dengan karbol dan disinfektan, serta menyiapkan hand sanitizer atau sabun.

4. Memanfaatkan pengeras suara masjid sebagai media siar yang efektif untuk informasi penting dan bersifat darurat terkait cegah-tangkal Covid-19.

5. Menampung zakat, infaq, dan sedekah masyarakat baik uang, lumpsum ataupun sembako serta mendayagunakannya semaksimal mungkin untuk peningkatan imunitas kesehatan jamaah baik vitamin C dan E maupun pangan/bahan pangan bergizi lainnya.

6. Siagakan masjid sebagai Pos Reaksi Cepat (PRC) jika terdapat jamaah tertular Covid-19.

7. Cipta Kondisi Masjid sebagai tempat aman yang steril dari Covid-19 dengan memperkuat motto DMI Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved