Tribun Makassar

Pelantikan PPS Tunggu Instruksi KPU RI, Ketua KPU Maros: Kemungkinan Minggu Kedua Juni

Jajaran KPU berencana melanjutkan kembali pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan mengaktifkan kembali Panitia Pemungutan Kecamatan (PKK).

Ist
Ketua KPU Maros, Samsu Rizal 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 12 Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota di Sulsel, bakal melanjutkan tahapan Pilkada yang rencananya akan digelar pertengahan bulan ini, (15/6/2020).

Jajaran KPU berencana melanjutkan kembali pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan mengaktifkan kembali Panitia Pemungutan Kecamatan (PKK).

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal mengatakan, memang seluruh KPU yang bertugas dalam Pilkada Serentak 2020 ini tengah menunggu Peraturan KPU (PKPU) tahapan.

"Kami memang menunggu PKPU tahapan. Tapi kemungkinan minggu kedua Juni PPK diaktifkan kembali dan pps dilantik," katanya via pesan WhatsApp, Senin (1/6/2020).

Terkait kapan PKPU Tahapan dirilis, Samsu mengatakan, KPU RI sementara berkoordinasikan dengan Komisi II DPR RI terkait hal tersebut.

Terpisah, Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan, belum ada petunjuk dari KPU RI soal mekanisme pelantikan PPS.

Apakah dilakukan secara langsung di tengah wabah Covid-19, ataukah cukup dilantik secara virtual

"Untuk sementara kan dilantik langsung. Apakah dibagi per wilayah supaya tidak banyak orang, khususnya di Makassar yang zona merah, tapi mudah-mudahan bisa virtual," kata Faisal via pesan WhatsApp, Senin sore.

Senada dengan itu, Komisioner KPU Makassar, Endang Sari menuturkan, pihaknya juga belum bisa memberikan keterangan soal mekanisme pelantikan PPS, karena masih meninggu rilisnya PKPU Tahapan.

"Karena dari PKPU itu akan menjadi landasan kita untuk melanjutkan tahapan yang tertunda kemarin. Salah satunya pelantikan PPS tersebut," kata Endang.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur

(*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved