Tribun Wiki

Tahun Ini Runway Diperpanjang Jadi 2.000 Meter, Ini Profil Bandara Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu

Bandara Lagaligo Bua berada di Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

DOK TRIBUN TIMUR
Bandara Lagaligo Bua di Kabupaten Luwu, Sulsel. 

TRIBUNLUWU.COM, BUA - Bandara Lagaligo Bua berada di Desa Puty, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan memperpanjang landasan pacu atau runway bandara menjadi 2.000 meter.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Bandara Lagaligo Bua pada akhir Februari lalu.

"Kita ingin bandara ini menjadi hub di utara Sulawesi Selatan, makanya runway yang tadinya 1.800 meter akan kita perpanjang menjadi 2.000 meter pada tahun ini, dan menjadi 2.250 meter tahun 2021," ujar Menhub dikutip dari laman dephub.go.id, Minggu (31/5/2020).

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara telah menganggarkan Rp 20,3 miliar guna perpanjangan dan pelebaran runway dari 1.880 x 30 meter menjadi 2.000 x 30 meter.

Selain memperpanjang runway, juga dilakukan pembangunan turning area 1.500 meter, termasuk marking, rekonstruksi jalan akses pertolongan kecelakaan penerbangan pemadam kebakarah (PKP-PK), pembuatan drainase terbuka sisi darat, pekerjaan pengawasan pengembangan bandar udara.

Selain itu, juga di sisi darat dilakukan pembangunan sarana ibadah, parkir, dan sebagainya.

Sementara, pada Tahun 2021, direncanakan akan dilakukan kembali pengerjaan perpanjangan runway menjadi 2.250 meter x 45 meter, perluasan apron menjadi 200 x 120 meter dan penataan kawasan komersil Bandara.

Dengan perpanjangan runway diharapkan akan banyak maskapai penerbangan dengan pesawat yang lebih besar dapat masuk ke Bandara Bua.

Sebagai informasi Bandara Lagaligo Bua dikelola oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang pembangunannya dimulai pada tahun 2002.

Halaman
123
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved