Berikut 11 Indikator bagi Sebuah Daerah untuk Terapkan New Normal, Bagaimana di Daerah Kamu?

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengikuti rekomendasi WHO dalam menetapkan kriteria sebuah daerah untuk menerapkan new normal.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM -  Ada 11 Indikator bagi sebuah daerah untuk terapkan New Normal. Berikut selengkapnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengikuti rekomendasi WHO dalam menetapkan kriteria sebuah daerah untuk menerapkan kenormalan baru atau new normal.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan selama ini pihaknya berbasis pada data kesehatan.

"Dalam menentukan suatu daerah itu bisa kembali kepada aktivitas ekonomi yang produktif dan aman Covid-19, digunakanlah indikator kesehatan masyarakat yang berbasis data. Sesuai dengan rekomendasi WHO," ujar Wiku di Kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Wiku mengatakan ada 11 indikator bagi sebuah daerah untuk menjalankan new normal.

"Kami menggunakan pendekatan atau kriteria epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, serta pelayanan kesehatan. Di mana di sini ada 11 indikator," tutur Wiku.

Kabar Baik, 102 Daerah di Indonesia Bebas Covid-19, Data per 29 Mei 2020, Berikut Rinciannya

Berikut 11 indikator bagi daerah untuk menerapkan New Normal:

1. Penurunan jumlah kasus positif selama dua minggu sejak puncak terakhirnya, dengan target penurunan lebih dari 50 persen untuk setiap daerah atau wilayah.

2. Penurunan jumlah kasus probable (orang yang sakit tapi para ahli ragu menyimpulkan hasil laboratorium, dan ditemukan pan-beta coronavirus) selama 2 minggu sejak puncak terakhir dengan target lebih dari 50 persen penurunan jumlahnya.

3. Penurunan jumlah meninggal dari kasus positif.

Halaman
12
Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved