Update Corona Sulsel

Soal Penanganan Corona, Sulsel Diminta Belajar dari Jakarta, Prof Idrus: Buang Jauh Masalah Politik

Guru Besar FK Unhas, Prof Idrus Paturusi, berharap Pemerintah Sulawesi Selatan bisa belajar penangan Covid-19 dari DKI Jakarta.

TRIBUN TIMUR/ALFIAN
Prof Idrus Paturusi saat menjadi narasumber saat wawancara virtual eksklusif bersama Tribun Timur, Rabu (27/5/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Guru Besar Fakultas Kedoktereran Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Idrus Paturusi, berharap Pemerintah Sulawesi Selatan bisa belajar penangan Covid-19 dari DKI Jakarta.

Harapan itu tentunya cukup beralasan menurut mantan Rektor Unhas itu, lantaran Provinsi yang dipimpin Anies Baswedan itu bisa menekan laju penyebaran Covid-19.

"Kita lihatlah Keberhasilan DKI Jakarta ini haruslah kita contoh utamanya Sulawesi Selatan, kalau kita lihat grafik Sulawesi Selatan itu masih naik terus," ucapnya saat wawancara virtual bersama Tribun Timur, Rabu (27/5/2020).

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19, Sulsel kini berada di posisi keempat se-Indonesia dengan jumlah terbanyak yakni 1381 kasus.

Jumlah tersebut bahkan melampui Jawa Tengah yakni 1326 kasus.

"Kasus di Makassar (Sulsel) itu 1000 lebih hanya sedikit di bawah daripada Jawa Tengah tapi ingat populasi Jawa Tengah itu 40 juta sedangkan populasi kita di Sulawesi Selatan cuman barangkali 10-12 juta. Jadi kalau kita lihat presentase angka kejadian yang ada di jawa tengah dengan yang ada di Sulsel, presentase kita tinggi jadi kita harus hati-hati," terangnya.

Sementara itu di posisi pertama masih ditempati DKI Jakarta dengan 6895 kasus.

Tetapi menurut Prof Idrus, data perkembangan kasus di Jakarta menunjukan penurunan atau grafiknya mengalami penurunan.

Data perkembangan kasus yang ditunjukan Prof Idrus ini memperlihatkan bahwa kurva sudah melandai dan dianggap sudah masuk pada kondisi R1

"DKI dia sudah melandai, malah kalau dari perhitungan epidemiolog FKM UI dia sudah punya perhitungan yang lebih detail lagi yang mengatakan ini R4 R3 R2 R1, mereka sudah R1 di Jakarta dan ini sudah landai," paparnya.

Halaman
12
Penulis: Alfian
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved