RILIS

Lanjutkan Gerakan LTT, Bupati Barru Suardi Saleh Turun ke Sawah

Masih ditengah suasana Lebaran Idul Fitri, Bupati Barru Suardi Saleh dan Wakil Bupati, Nasruddin AM kompak ikut serta menanam benih

DOK KEMENTAN RI
Bupati Barru, Suardi Saleh dan Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM saat menanam padi di Kampung Buludua, Desa Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Rabu (27/5/2020). 

BARRU, TRIBUN-TIMUR.COM - Masih ditengah suasana Lebaran Idul Fitri, Bupati Barru Suardi Saleh dan Wakil Bupati, Nasruddin AM kompak ikut serta menanam benih padi di sawah bersama sejumlah petani.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Buludua, Desa Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Rabu (27/5/2020).

Menurut Suardi Saleh, di musim tanam tahun ini sudah ada sekira 50 persen bibit benih yang sudah ditanam oleh para petani di Kabupaten Barru sesuai target yang dicanangkan pemerintah.

“Pemerintah Kabupaten Barru dalam musim tanam gaduh tahun 2020, bibit benih yang sudah ditanam telah mencapai 50% dari target pemerintah pusat sebanyak 8.700 hektar (lahan) tanam,” katanya saat turun ke sawah.

Demikian siaran pers Kementerian Pertanian RI atau Kementan kepada Tribun-Timur.com, Rabu (27/5/2020).

Suardi Saleh menjelaskan kegiatan ini merupakan lanjutan dari gerakan tanam bersama yang menjadi bagian dari program pemerintah tentang Luas Tambah Tanam (LTT) musim tanam 2020 di tengah pandemi coronavirus disease 2019 ( Covid-19 ).

Terus Tanam di Pekarangan, Kementan RI Pastikan Pangan di Musim Kemarau Akan Aman

Selain itu, kepada para petani, Suardi Saleh meminta, agar tak perlu khawatir mengenai resiko gagal panen mulai tahun ini.

Sebab pemerintah kabupaten sudah mengantisipasi dengan mengasuransikan sejumlah petani.

“Kita telah mengantisipasi resiko petani kalau terjadi kegagalan panen (akibat musim kemarau dan banjir) dengan menyiapkan asuransi pada tahun ini, sekira Rp 6.000.000 per hektar,” jelasnya.

Sambutan untuk Bupati Barru, Suardi Saleh dan Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM yang menanam padi di Kampung Buludua, Desa Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Rabu (27/5/2020).
Sambutan untuk Bupati Barru, Suardi Saleh dan Wakil Bupati Barru, Nasruddin AM yang menanam padi di Kampung Buludua, Desa Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ( Sulsel ), Rabu (27/5/2020). (DOK KEMENTAN RI)

Kepala Dinas Pertanian, Ahmad menambahkan khusus penanaman padi di Bulu Dua diupayakan Indeks Pertamanan (IP) 300 atau 3x panen dari target nasional untuk Barru sebanyak 8.700 hektar.

Halaman
12
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved