VIDEO: Viral Ucapan Selamat Idul Fitri Berbahasa Arab dari Seorang Uskup di Purwokerto

Dalam video yang diunggah melalui akun YouTube Keuskupan Purwokerto, Uskup Christophorus terdengar fasih mengucapkan kalimat berbahasa Arab.

TRIBUN-TIMUR.COM - Uskup Purwokerto, Jawa Tengah, Monsignor (Mgr) Christophorus Tri Harsono mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri kepada umat Islam dalam cara yang unik.

Dalam video yang diunggah melalui akun YouTube Keuskupan Purwokerto, Minggu (24/5/2020), kemarin Uskup Christophorus terdengar fasih mengucapkan kalimat berbahasa Arab.

Video tersebut juga diunggah oleh akun Twitter @RomoKrisitadipr dan @KatolikG serta di-retweet oleh sejumlah akun Twitter.

Dalam video tersebut, Uskup Christophorus mengucapkan kalimat berbahasa Arab pada bagian pembuka dan penutup.

Pada bagian tengah video, Christophorus menyampaikan, "Saudara-saudariku kaum muslimin muslimat yang kami kasihi dan kami hormati. Saya atas nama umat Katolik Keuskupan Purwokerto mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 Hijirah. Mohon maaf lahir dan batin."

"Semoga hasil puasa, amal dan doa-doa saudara-saudariku semuanya diterima oleh Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Esa, dan dapat menghidupi persatuan yang damai, kemanusiaan yang beradab, dan keadilan yang sejahtera bagi bumi pertiwi Indonesia tercinta ini," lanjut Christophorus.

Ketika dihubungi, Christophorus mengatakan, dia membuat video ucapan hari raya Idul Fitri dalam bahasa Arab agar lebih dekat dengan umat Islam.

"Latar belakangnya ya hanya ingin lebih dekat saja dengan orang-orang muslim, dan dulu saya pernah belajar classical arabic dan islamic empat tahun di Kairo dan Roma," kata Christophorus melalui pesan singkat, Senin (25/5/2020).

Menurut Christophorus, ucapan berbahasa Arab yang disampaikan tersebut berasal dari sahabatnya.

"Itu juga kata-katanya berasal dari sahabat saya yang di sini. (artinya) Orang-orang Islam yang dikasihi Allah, dari hati yang terdalam mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," kata Christophorus.

Simak videonya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Ucapan Selamat Idul Fitri Berbahasa Arab Uskup Purwokerto Viral"

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved