Tribun Wajo

Jalan Poros Sengkang-Bone Banjir Lagi, Pemkab Wajo Minta BBPJN XIII Lakukan Penanganan Darurat

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Wajo, Andi Pameneri menyebutkan, saat ini pihaknya intens membangun

hardiansyah abdi gunawan
Ruas jalan poros Sengkang-Bone, di Desa Pallwarukka, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo banjir lagi, Selasa (26/5/2020) 

TRIBUNWAJO.COM, PAMMANA - Sudah sepekan Jl Poros Sengkang-Bone di KM 17, tepatnya di Desa Pallawarukka, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo terendam banjir.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Wajo, Andi Pameneri menyebutkan, saat ini pihaknya intens membangun komunikasi dengan pihak BBPJN XIII Makassar.

"Pemerintah Kabupaten Wajo berharap penanganan darurat oleh pihak BBPJN secepatnya bisa dilaksanakan, karena jalan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan Bone dan Wajo," katanya kepada Tribun Timur, Selasa (26/5/2020).

Hal itu dilakukan, mengingat jalan poros tersebut adalah kewenangan pemerintah pusat.

Andi Pameneri menambahkan, Pemkab Wajo juga telah meminta fasilitasi Dinas Bina Marga dan Konstruksi Provinsi Sulawesi dengan pihak BBPJN untuk percepatan penanganan darurat.

"Pemerintah Kabupaten Wajo juga telah mengirimkan surat kepada Kepala Satker P2JN Wilayah Sulawesi Selatan perihal percepatan penanganan longsoran jalan," katanya.

Diketahui, jalanan amblas sepanjang 300 meter itu memang langganan banjir tahunan sepuluh tahun terakhir.

Kondisi tanah yang labil serta berada di pesisir Sungai Cenranae tak pelak membuat jalanan tersebut selalu banjir bila hujan turun, dan debut air sungai meluap.

Kondisi jalanan saat ini memang masih bisa dilalui oleh kendaraan.

Khusus roda dua mesti melalui jembatan darurat yang dibuat masyarakat sekitar secara swadaya dengan biaya Rp 15.000 sekali jalan.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved