Tribun Wajo

Di Kabupaten Wajo, Pelaku Balap Liar Selama Ramadan Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Selama Ramadan 1441 H, Satuan Lalu Lintas Polres Wajo mengamankan setidaknya 45 kendaraan bermotor yang terlibat balap liar di Kabupaten Wajo.

TRIBUN TIMUR/HARDIANSYAH ABDI GUNAWAN
Sejumlah motor yang dimankan di Kantor Satlantas Polres Wajo lantaran terlibat balapan liar selama Ramadan 1441 H di Kabupaten Wajo, Sabtu (23/5/2020). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Selama Ramadan 1441 H, Satuan Lalu Lintas Polres Wajo mengamankan setidaknya 45 kendaraan bermotor yang terlibat balap liar di Kabupaten Wajo.

"Ada 45 unit kendaraan bermotor yang kita amankan karena terjaring razia balap liar selama Ramadan, dan kebanyakan mereka adalah anak-anak usia SMA yang belum punya SIM," kata Kasat Lantas Polres Wajo, AKP Muhammad Yusuf, Sabtu (23/5/2020).

Selain itu, untuk mengantisipasi aksi serupa di malam takbiran, Satlantas Polres Wajo akan melakukan razia balap liar dan penggunaan knalpot racing yang mengganggu ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Nanti malam kita akan apel untuk operasi malam takbiran," katanya.

AKP Muhammad Yusuf menambahkan, para pelaku balap liar beraksi pada subuh hari atau pagi hari. Serta, memanfaatkan ruas-ruas jalan yang sepi.

Mantan Kasat Lantas Polres Bone itu menambahkan, bagi kendaraan yang terlibat balap liar akan ditahan selama 1 bulan dan tetap ditilang.

Dendanya pun cukup berat. Sebagaimana tertuang dalam pasal 115 undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, akan dikenakan denda Rp 3 juta.

"Kita tetap tipang dan tahan motornya satu bulan, dan tetap bayar denda sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang lalu lintas, pelaku balap liar itu dendanya tiga juta," katanya.

Selain balap liar, Satlantas Polres Wajo juga mengamankan sejumlah kendaraan yang melakukan pelanggaran.

Seperti tidak menggunakan knalpot standar, anak-anak yang berkendara di bawah umur, serat tidak melengkapi kelengkapan lainnya seperti spion, dan surat-surat berkendara.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved