Tribun Makassar

Banyak Tenaga Medis Terpapar Covid 19, Ini Sikap PPNI

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan, Abdul Rachmat mengatakan, para tenaga medis adalah benteng

hasan basri
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan, Abdul Rachmat 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sejumlah tenaga medis dilaporkan telah terpapar Covid-19.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan, Abdul Rachmat mengatakan, para tenaga medis adalah benteng terakhir dalam pelayanan kesehatan dimasa pandemi.

"Bukan mustahil penyebabnya adalah kebijakan pemerintah yang sudah melonggarkan PSBB," sebut Abdul Racmat, Sabtu (23/5/2020).

PPNI mengaku sudah melakukan kajian dan tracking dari beberapa dari tenaga kesehatan tersebut. 

Meskipun mereka bersentuhan langsung dengan pelayanan di ruang isolasi, tenaga medis ini sudah di proteksi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang standar.

"Sehingga sangat memungkinkan mereka terpapar dari interaksi dengan lingkungan di luar ruang rumah sakit, yang sangat berhubungan dengan kebijakan PSBB," tegasnya.

Dengan kelonggaran PSBB, maka akan ada ruang yang luas Orang Tanpa Gejala (OTG), untuk menjadi transmisi penyebaran virus ini ke orang yang sehat.

"Ketakutan kami sebagai orang kesehatan adalah, ketika puncak pandemi ini berlangsung. Fasyankes yang melayani pasien tidak mampu lagi melayani karena fasilitas sudah terpakai semua oleh pasien,"sebutnya.

Abdul Rachmat meminta pemerintah kota Makassar maupun provinsi serius dalam penangan covid 19 .

"Kami menyadari ada kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi, tapi nyawa jauh lebih berharga dari kebutuhan kebutuhan yang lain," ujarnya.

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved