Tribun Bulukumba

Pengurus KNPI Sorot Penyaluran BLT di Desa Buhung Bundang Bulukumba, Dinilai Tak Tepat Sasaran

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa di desa berpenduduk 1.742 orang itu, dinilai tidak tepat sasaran.

net
ILUSTRASI Bantuan 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Pemerintah Desa (Pemdes) Buhung Bundang, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, kini menuai sorotan.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa di desa berpenduduk 1.742 orang itu, dinilai tidak tepat sasaran.

DPK KNPI Kecamatan Bontotiro menemukan salah seorang penerima BLT yang dianggap tidak layak menerima bantuan, karena dianggap mampu secara finansial.

Hal itu disampaikan oleh pengurus DPK KNPI Kecamatan Bontotiro, Nasra Asrianti, Jumat (22/5/2020).

“Penerima manfaat BLT di Desa Buhung Bundang sebanyak 152 orang. Saya duga ada penerima manfaat BLT yang salah sasaran," ujarnya.

Ia mengaku memiliki data terkait orang yang tertera dalam list, dan lengkap dengan dokumentasi saat menerima bantuan langsung tunai sebanyak Rp600 ribu.

Bahkan, ada salah satu penerima BLT yang masih berstatus sebagai pengusaha aktif, yang masuk kategori mampu secara finansial.

Parahnya, warga tersebut berstatus sebagai aparat pemerintah desa yakni selaku Rukun Tetangga (RT). Sementara RT sendiri menerima tunjangan dari Dana Desa.

Nasra Asrianti menambahkan, bahwa BLT sangat jelas peruntukannya, karena itu pemerintah desa harus objektif dalam menetapkan data-data penerima.

“BLT harus tepat sasaran, jangan terkesan haruspi diminta datanya baru mauki diperlihatkan, itukan aneh, bukan kah memang pemerintah dituntut transparan? Kalau perlu diumumkan di masjid lewat pengeras suara agar masyarakat ikut andil mengawasi," tegas Nasra.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved