Update Corona Enrekang

Enrekang Sudah Masuk Transmisi Lokal Covid-19, Tim Gugus Tugas: Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Dua tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Enrekang dipastikam terpapar virus corona atau Covid-19.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Enrekang
Suasana saat dua tenaga kesehatan Enrekang yang terpapar Covid-19 dirujuk ke Hotel Almadera Makassar untuk jalani isolasi 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Dua tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Enrekang dipastikam terpapar virus corona atau Covid-19.

Mereka diduga terpapar lantaran pernah merawat dan interaksi dengan pasien positif Covid-19 kasus 06, B (70) yang diumumkan beberapa hari lalu.

Adanya dua penambahan pasien baru tersebut membuat jumlah kasus Covid-19 di Enrekang menjadi 8 kasus, dengan rincian 5 sedang dirawat, 2 sehat dan satu meninggal.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Enrekang, Sutrisno mengatakan, adanya kasus penularan dari pasien ke Nakes tersebut membuat Enrekang kini masuk kategori transmisi lokal Covid-19.

Transmisi lokal, dapat diartikan sebagai kasus infeksi yang terjadi antar masyarakat, hanya melibatkan masyarakat.

Keberadaan virus sudah tersebar di tengah masyarakat lokal itu sendiri, sehingga seseorang bisa terinfeksi tanpa harus bepergian ke luar wilayah atau bertemu dengan orang asing dari luar wilayahnya.

"Saat ini Enrekang sudah masuk kategori transmisi lokal Covid-19 dan Enrekang sudah mulai mengarah ke zona merah," kata Sutrisno, Jumat (22/5/2020).

Untuk itu, Ia menegaskan, masyarakat Enrekang harus benar-benar mematuhi edaran pemerintah terkait penanganan Covid-19.

Dengan mengurangi aktivitas ke luar rumah yang tidak penting dan hindari kerumunan.

"Aktivitas masyarakat di luar rumah harus lebih dikurangi dan diperketat karena kategori transmisi lokal ini membuat siapa saja bisa terpapar," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved