Ke Mana Arah Skenario Pemulihan Ekonomi

Prof Yusran Yusuf: Pelonggaran Tidak Menyalahi Aturan PSBB, Tim Gugus Tugas Berhak Melakukannya!

Menurut Prof Yusran, Tim Gugus Tugas juga berfungsi menangani masalah sosial dan percepatan pemulihan ekonomi.

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf menyampaikan pendapat dalam Dialog Virtual Forum Dosen #3, Selasa (19/5/2020) sore. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  Covid-19 telah memporakporandakan Makassar. Perekonomian Makassar diakui Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Jusuf anjlok akibat pandemi corona.

Dialog Virtual Forum Dosen #3 menghadirkan Pj Wali Kota Makassar Prof Ysran Yusuf sebagai salah seorang narasumber utama. ialog Forum Dosen: Ke Mana Arah Skenario Pemulihan Ekonomi? itu dipandu Koordinator Forum Dosen, Dr Adi Suryadi Culla.

“Secara umum kita sependapat melihat bahwa yang pasti pertumbuan ekonomi kita jatuh,” kata Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf yang juga Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Sulsel tersebut.

Menurutnya, pemicu sehingga ekonomi di Indonesia khususnya Makassar jatuh karena investasi tidak ada yang jalan, begitu pula di sektor perdagangan. “Investasi tidak ada yang jalan, sektor perdagangan juga. Padahal ini penggerak ekonomi kita,” jelas Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf.

Selain itu, sektor lain yang menggerakkan ekonomi khususnya di Makassar yakni konsumsi rumah tangga, serta kosumsi pemerintah yang mengalami penurunan. Bagi Yusran, hampir semua program pemerintah mengalami recofusing juga berdampak pada ekonomi di daerah. Dengan kondisi ini, pemulihan ekonom tentu sulit dilakukan lebih cepat.

Dia menambahkan salah satu sektor yang tidak terdampak di Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah sektor pertanian. Terkait itu, dia berharap seluruh sektor bisa menjaga ketahanan pangan Sulsel.

“Harapan kita di Sulsel itu sektor pertanian. Karena tidak mengalami gangguan secara signifikan. Namun demikian harus ada upaya mitigasi agar bagaimana sarana produksi pertanian seperti ketersediaan pupuk dan benih bisa tepat waktu,” jelas Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf. Jika hal ini bisa dipertahankan, ada harapan untuk memulihkan ekonomi.

Adapun khusus di sektor lain seperti hotel pariwisata dan lainnya itu memerlukan inovasi yang luar biasa. Sektor perbankan juga salah satu upaya agar perekonomian bisa pulih.

“Baru saja kita ketemu perbankan kami menyarankan bahwa tanpa mengabaikan proses kesehatan sudah saatnya kita melakukan percepatan. Relaksasi program pusat hanya menunda pembayaran. Kita harapkan lembaga perbankan ada inovasi,” ujar Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf.

Terkait kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kini berjalan, katanya, ada kemungkinan pelonggaran agar pemulihan ekonomi bisa cepat normal. Apalagi, katanya, Tim Gugus Tugas memiliki tiga fungsi selain pencegahan dan penanganan kesehatan. Lainnya penangananan masalah sosial dan percepatan pemulihan ekonomi.

 “Tiga hal ini harus disentuh. Kami tidak menyalahi aturan pencegahan. Namun kami juga tidak mengenyampingkan protokol kesehatan. Berbagai upaya pencegahan kita lakukan seperti sudah siapkan fasilitas kesehatan,” ujar Pj Wali Kota Makassar Prof Yusran Yusuf.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved