Tribun Sinjai

Disorot Netizen Soal Banjir, Ini Bakal Dilakukan Pemkab Sinjai

Langkah tersebut untuk tahap persiapan jangka panjang. Sebab pengelolaan banjir yang maksimal perlu perencanaan yang matang.

samba
Warga lintasi banjir di Jl Jenderal Sudirman Sinjai beberapa waktu lalu 

TRIBUNSINJAI.COM,SINJAI UTARA- Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan sedang melakukan tahap perencanaan pengelolaan air banjir dalam kota Sinjai.

Air banjir tersebut rencananya akan dibuatkan embung dalam kota Sinjai.

Langkah tersebut untuk tahap persiapan jangka panjang. Sebab pengelolaan banjir yang maksimal perlu perencanaan yang matang.

"Tahun ini sedang memasuki tahap perencanaan. Karena pengelolaan air banjir tidak boleh asal jadi karena ini dampaknya besar," kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Pemkab Sinjai, Irwan Suaib, Rabu (20/5/2020).

Sedang jangka pendeknya, petugas melakukan pengerukan terhadap drainase yang tersumbat.

Diurai, jika hanya pengerukan tanpa ada pengelolaan banjir seperti pembuatan embung, maka setiap tahunnya Sinjai sudah dipastikan banjir.

Perencanaan tersebut diperkirakan dapat terwujud tahun depan.

Ditegaskan bahwa pembangunan pengelolaan banjir tidak dapat rampung selesai tahun depan, karena itu menggunakan dana yang jumlah besar dan tentunya bertahap.

Dibutuhkan pembangunan pengelolaan banjir yang lebih besar karena kota Sinjai mudah terendam air banjir hujan.

Sebab kota itu lebih rendah sekitar 50 centimeter dari permukaan laut. Sehingga saat terjadi air pasang di musim hujan maka air tumpahan dari Bukit Gojeng tergenang di dalam kota.

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved