Salat Idulfitri 1441 H

Bupati Toraja Utara Izinkan Salat Idulfitri 1441 H Dilaksanakan di Masjid

Kata Kalatiku, pengurus masjid besar Rantepao dan MUI Toraja Utara sangat berkeyakinan melaksanakan salat di masjid

risnawati / tribun timur
Masjid Agung Rantepao di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pelaksanaan Salat Idulfitri 1441 H/2020 tetap akan dilaksanakan di Kabupaten Toraja Utara.

Hal itu disampaikan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan saat ditemui TribunToraja.com, di loby kompleks perkantoran gabungan dinas di Kecamatan Tondon, Rabu (20/5/2020) siang.

"Pelaksanaan salat ied Idul Fitri mengikuti kebijakan pusat dan Pemprov Sulsel, apabila memang sangat penting untuk dilakukan maka bisa dilaksanakan," ucap Kalatiku.

Lanjutnya, pelaksanaan salat Idul Fitri sudah dirapatkan bersama pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan segenap Forkopimda Toraja Utara.

Kata Kalatiku, pengurus masjid besar Rantepao dan MUI Toraja Utara sangat berkeyakinan melaksanakan salat di masjid maka disetujui dengan catatan melaksanakan secara ketat sesuai protokol kesehatan.

"Silahkan dilaksanakan dengan catatan mengikuti protokol kesehatan, ketentuan menjaga jarak satu meter, gunakan masker, cuci tangan sebelum salat dan tidak usah bersalaman," tegasnya.

Kata Kalatiku, pelaksanaan salat Idul Fitri sudah dipertimbangkan bersama pemerintah pusat setelah Video Conference (Vicon) dengan Kepala Kepolisian, Kemenkopolhukam dan Kemendagri.

Selain itu, juga melakukan Vicon bersama Gubernur Nurdin Abdullah dan Kepala Daerah se-Sulawesi Selatan (Sulsel) terkait daerah yang akan melaksanakan Salat Ied.

"Jika besar keinginan warga untuk salat bisa dilaksanakan tapi ingat harus mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid19," terang Kalatiku.

Kalatiku meminta jika ada masyarakat yang tinggal dekat dengan masjid atau musallah bisa melaksanakan di wilayahnya saja agar tidak banyak melaksanakan Salat Ied di Masjid Besar Rantepao.

"Dan juga diperbatasan itu dijaga ketat Satgas, tidak boleh ada yang bukan warga Islam Toraja Utara datang salat, hanya internal jamaah masjid setempat yang melaksanakannya," jelasnya.

Rapat bersama FKUB Toraja Utara dihadiri perwakilan agama, dibuka penyampaian dan meminta izin pelaksanaan salat ied oleh Bumbun Pakata yang juga pengurus FKUB mewakili umat Islam.

Forkopimda Toraja Utara turut menyetujui namun meminta agar pihak masjid melaksanakan teknis dengan mengikuti protokol kesehatan dan tertib pelaksanaannya salat Ied.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved