Kemenkum HAM Sulbar

Tingkatkan Kapasitas, Humas Kemenkum HAM Sulbar Ikuti Pelatihan Media

Bertindak sebagai narasumber Staf Khusus Menkumham RI Fajar Lase dan Konsultan Media Bane Raja Manalu.

Nurhadi/Tribun Mamuju
Petugas Kehumasan jajaran Kemenkum HAM Sulbar ikuti pelatihan media secara daring untuk menguatkan kapasitas. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Untuk menguatkan tugas , fungsi dan peran dalam menyampaikan kebijakan pemerintah, Humas Kemenkum HAM Sulbar, UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi Ikuti Pelatihan Media.

Pelatihan yang diselenggarakan Kemenkum HAM RI secara daring ini diikuti Humas Eselon I, Kantor Wilayah dan UPT se Indonesia.

Bertindak sebagai narasumber Staf Khusus Menkumham RI Fajar Lase dan Konsultan Media Bane Raja Manalu.

Fajar Lase minta Humas untuk sigap menyampaikan isu public terkait Kemenkumham. Pelatihan ini diselenggarakan agar semua Humas jajaran Kemenkumham RI baik pada Unit eselon I, Kantor Wilaya dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) punya kemampuan yang sama .

Sementara itu, Bane Raja Manalu membahas terkait manajemen media dan newsjacking.

Newsjacking adalah metode memanfaatkan isu yang sedang populer untuk meningkatkan trafik dan memacu jumlah transaksi. Humas diharapkan bisa manfaatkan isu yang sedang populer, khususnya isu yang terlalu viral.

Bane lalu menjelaskan bagaimana melakukan newsjacking secara efektif. Mulai dari menjalin hubungan baik dengan wartawan dan media, mengirimkan news release dan mengikuti isu terkini.
"Sekarang ini, media mainstream dan media sosial saling menguatkan. Apa yang viral di medsos, bisa jadi headline di media mainstream, begitu juga sebaliknya,"lanjut Bane Raja dalam rilis yang diterima Tribun Timur.com, Selasa (19/5/2020).

Kakanwil Kemenkum HAM Sulbar Harun Sulianto, berharap kompetensi petugas humas meningkat dengan pelatihan media ini.

"Publikasi .edia diperlukan dalam rangka keterbukaan informasi public. Dengan publikasi diharapkan menimbulkan partisipasi public, dukungan public dan control public yang dapat meningkatkan kinerja instansi. Ini adalah salah satu cara membangun citra positif organisasi, Kemenkumham dalam hal ini,"tutur Harun.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved