Tribun Mamuju

Kanwil Kemenkumham Sulbar Sosialisasikan Pelayanan Public Berbasis HAM

Sosialisasi tersebut diikuti para kepala Imigrasi, Kepala Lapas dan Rutan serta Bapas se Sulawesi Barat.

Ist
Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, menggelar sosialisasi pemberian pelayanan publik berbasis HAM secara daring. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, menggelar sosialisasi pemberian pelayanan publik berbasis HAM secara daring.

Sosialisasi tersebut diikuti para kepala Imigrasi, Kepala Lapas dan Rutan serta Bapas se Sulawesi Barat.

Sementara narasumber diantaranya Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar, Harun Sulianto, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Lastami.

Harun mengatakan, perlunya nilai HAM dalam pelayanan publik agar ada kepastian hukum, tidak diskriminatif dan ada kesamaan hak.

"Juga harus tersedia fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, wanita hamil dan anak anak,"ujar Harun kepada Tribun Timur.com via whatsapp, Minggu (17/5/2020).

Harun menjelaskan peraturan Menkumham Nomor 27 Tahun 2018 tentang penghargaan pelayanan public berbasis HAM, sudah mengatur tentang aksesibilitas dan kesediaan fasilitas.

Adanya petugas yang siaga dan kepatuhan pejabat /petugas terhadap standar pelayanan minimal pada Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"Aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas bagi pemohon pada UPT tersebut setidaknya harus memuat maklumat pelayanan, akses pengaduan dan informasi pelayanan public, toilet khusus disabiltas ,lantai pemandu," ujarnya.

Ruang laktasi dan bermain anak, rambu dan alat bantu kelompok rentan, jalan landai, loket khusus disabilitas/ibu hamil/lanjut usia dan anak anak, tempat ibadah dan help desk.

Selain itu, lanjut Harun, harus ada petugas yang siaga dan harus adanya kepatuhan pejabat/petugas terhadap standar pelayanan minimal.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved