Profil Letkol Ckm dr Fenty Alvian Amu

6 Bulan Pimpin Satgas Covid-19 RS Pelamonia dr Fenty Mandi di Toilet Sopir Tiap Mau Pulang

Selain karena spesialisnya yang bersentuhan dan dibutuhkan langsung dalam penanganan pasien Covid-19

alfian/tribun
Wakil Kepala RS Pelamonia, Letkol Ckm dr Fenty Alvian Amu (kiri), saat menjadi narasumber di acara Tribun Nongki bareng Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjend TNI Andi Sumangerukka, Sabtu (16/5/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebagai dokter spesialis paru, Letkol Ckm dr Fenty Alvian Amu, dipercaya memegang kendali penanggulangan Covid-19 di Rumah Sakit Pelamonia Makassar sebagai Ketua Satgas.

Selain karena spesialisnya yang bersentuhan dan dibutuhkan langsung dalam penanganan pasien Covid-19, pria kelahiran Gorontalo 6 September 1967 itu juga menjabat selaku Wakil Kepala RS Pelamonia.

Letkol Ckm dr Fenty Alvian Amu menerangkan bahwa dalam sepanjang karirnya sebagai dokter di kesatuan TNI Angkatan Darat, pengalaman menangani Covid-19 merupakan salah satu yang terberat.

Karirnya sebagai dokter dan juga anggota TNI dimulai setelah ia memutuskan untuk mendaftar melalui jalur Perwira Prajurit Karir (PPK) angkatan 1997-1998 lalu.

Sejak saat itu alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado ini kerap berpindah-pindah tempat.

"Dulu saya pernah bertugas 2009-2013 di RS Pelamonia, setelah itu saya ke Palembang, ke Manado, baru ke sini lagi. terhitung sudah ada lima kota tempat saya bertugas yaitu Jakarta, Palembang, Aceh, Makassar, Manado," terangnya saat ditemui usai menjadi narasumber Tribun Nongki, Sabtu (16/5/2020).

Sebelum Kembali bertugas di RS Pelamonia dengan jabatan Wakil Kepala Rumah Sakit, dr Fenty Alvian menjaba sebelumnya sebagai Kepala RS Wolter Monginsidi, Manado.

"Saya baru enam bulan di sini sebelumnya saya kepala rumah sakit di Mongisidi Manado, dan langsung dapat momen pandemi ini yah mau tidak mau harus siap," papar pria yang melanjutkan spesialisnya di Universitas Indonesia itu.

Ia menceritakan hal paling berbeda dialami selama penanganan Covid-19 yakni perubahan perilaku dalam menjaga kesehatan dan tidak menularkan penyakit tersebut.

Apalagi dr Fenty Alvian bersentuhan langsung dengan para pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Pelamonia.

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved